Pelatihan Komunikasi Efektif | Pengembangan Kapasitas SDM

Pelatihan Komunikasi Efektif

Pelatihan komunikasi efektif sangat penting dan wajib ada dalam rencana pengembangan sumber daya manusia dari sebuah kantor atau organisasi. Tanpa komunikasi yang baik, tak ada suatu transaksi pun yang bisa terjadi, tak ada transfer ilmu, data dan sebagainya yang mungkin dilakukan. Sebagai makhluk sosial, Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Manusia komunikasi memegang peranan paling krusial dalam kehidupan manusia.

Bagaimanapun, kemampuan komunikasi seseorang takkan tumbuh dan lahir begitu saja. Maka dari itu dibutuhkan suatu pelatihan komunikasi agar mampu membangun komunikasi yang efektif. Pelatihan komunikasi sangatlah penting khususnya dalam bidang pemasaran. Takkan bias diraih target penjualan dan peningkatannya jika tidak dibarengi dengan pelatihan komunikasi yang efektif dan berkesinambungan.

Sebelum bicara lebih jauh mengenai teknik pelatihan komunikasi, mengenali kemampuan diri dan melatihnya untuk berkomunikasi secara efektif adalah hal yang utama.

Prinsip – prinsip strategi komunikasi terdiri dari beberapa kegiatan sbb:

1. Merumuskan tujuan

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam merancang kegiatan komunikasi adalah mengidenti fikasi masalah, data dan fakta. Langkah ini menghasilkan  rumusan tujuan kegiatan yang memuat informasi ;

  • Siapa sasaran komunikasi
  • Perubahan perilaku yang diharapkan terjadi
  • Kualitas perubahan
  • Lokasi perubahan

 2. Menetapkan dan mengenal target sasaran

Target sasaran dalam proses komunikasi adalah penerima pesan, dengan mengetahui target sasaran dapat disusun strategi komunikasi yang hendak dilakukan terkait dengan isi pesan, penentuan metode komunikasi dan pemilihan saluran pesan yang sesuai dengan isi pesan. Pengenalan target sasaran akan tergantung pada tujuan komunikasi yang hendak dicapai, apakah sekedar membuat target mengetahui tentang sesuatu yang akan disampaikan atau dimaksudkan agar target melakukan tindakan tertentu sesuai pesan yang disampaikan padanya.

Leave a Reply