Pelatihan Jaringan MikroTIK | Pelatihan Teknologi Informasi –

Pelatihan Jaringan MikroTIK

Dalam rangka meningkatkan kemampuan SDM di bidang jaringan komputer dan Mikrotik, Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik DIY mengirimkan 3 SDM terbaiknya di bidang IT mengikuti Pelatihan Jaringan MikroTIK di Focus Techno Media Yogyakarta. Mereka adalah Bapak Supramono, Bapak Rambat S Si., dan Bapak Eko Sulistiyo Wibowo. Pelatihan diselenggarakan dengan sistem ‘in-house training’ bertempat di kantor Balai Besar Kulit, Karet dan Plastik DIY di jalan Sukonandi. Pelatihan berlangsung tanggal 14-16 Mei 2012 setiap hari jam 08.00-17.00 WIB.

Mikrotik Router  adalah salah satu sistem operasi untuk perangkat jaringan komputer router. Jadi bisa dikatakan sebagai sistem operasi dan perangkat lunak yang digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi perangkat router. Perangkat router ini memiliki berbagai fitur untuk menangani jaringan komputer. Fitur-fitur untuk menangani jaringan seperti : firewall dan nat, hotspot, point to point, tunneling protocol, dns server, dhcp server, dsb.

Jadi Mikrotik router OS adalah aplikasi yang dioperasikan pada linux namun administrasinya bisa menggunakan Winbox. Winbox ini adalah aplikasi windows untuk setting dan konfigurasi mikrotik yang di install di OS Windows Microsoft.

Pada setiap materi, akan diadakan praktek langsung menggunakan routerboard MikroTik, untuk mencoba fitur-fitur yang sedang dibahas. Pada akhir masa training akan diadakan ujian dari Focus Techno Media, peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikat resmi.

Target pelatihan adalah peserta dapat mengkonfigurasi, mengelola dan melakukan pemecahan masalah dasar perangkat MikroTik RouterOS. Peserat pelataihan juga harus mampu memberikan layanan dasar kepada klien, memiliki dasar yang kuat dan alat yang berharga untuk mengelola jaringan.

Baca juga: Pelatihan Mikrotik SETDA Sumba Barat

Pelatihan dipandu oleh Mr Rosyid yang merupakan salah seorang pengajar terbaik di FTM untuk bidang jaringan komputer dan internet, sekaligus pemegang sertifikat keahlian jaringan Mikrotik. Materi pelatihan meliputi teori jaringan komputer, internet dan praktik setting jaringan serta Mikrotik.

Leave a Reply