Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Rote-Ndao Menjalin Kerjasama dengan Techno Jogja

Pelatihan Kepemimpinan dan Leadership

Pelatihan Kepemimpinan atau leadership adalah pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk mempengaruhi orang-orang lain agar bekerjasama sesuai dengan rencana demi tercapainya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Dengan demikian kepemimpinan memegang peranan yang sangat penting dalam manajemen, bahkan dapat dinyatakan, kepemimpinan adalah inti dari manajemen. Ilmu kepemimpinan inilah yang dicermati dan dicamkan oleh Bapak Pello dan ibu Adel yang jauh-jauh datang dari kabupaten Rote-Ndao, Nusa Tenggara Timur. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kab. Rote-Ndao sangat membutuhkan sdm dengan kemampuan Kepemimpinan dan Manajmen Organisasi, maka dikirimkanlah dua pimpinan kantor ini ke Techno Jogja untuk menimba ilmu selama 3 hari.

Dibimbing oleh salah seorang dosen dari universitas besar di Yogyakarta yang telah lama bergabung dengan Techno Jogja, pelatihan berjalan dengan hangat dan sangat menarik. Gaya mengajar yang ringan namun sarat dengan muatan-muatan ilmu mengalir dengan lancar. Menggunakan teknik simulasi dan berbagai teknik mengajar lain tanpa terasa waktu 3 hari berlalu dengan cepat. Dengan puas mereka berujar  “ Tiga hari laksana kuliah satu semester”. Semoga waktu tiga hari bersama kami Techno Jogja bisa memberi makna yang berarti bagi bapak ibu berdua di dalam menunaikan tugas dari instansi.

Ada hal yang sangat mengejutkan dari bapak Pello. Sambal mercon khas Jogja yang sangat terkenal dengan pedasnya yang sampai menyentuh level dewa seakan tidak berarti bagi beliau. Tanpa makanan lain dengan santainya Kabid Promosi pariwisata ini menggunakan tangan kosong menikmati sambal mercon tanpa terlihat ada “mercon meletus” di dalam mulutnya. Wisata kuliner sajian Techno Jogja yang sangat berkesan ujar beliau.

Baca Juga : Pelatihan Kepemimpinan dan Leadership Bagi Staff ALFela Timor Leste

Dengan tersenyum mereka berdua berjanji akan melanjutkan kerja sama dengan mengundang kami ke Rote-Ndao untuk memberikan materi pelatihan secara in-house Training di bulan mendatang.  Bukan karena pelayanan kami yang menyenangkan dari saat mendarat di bandara sampai mereka akan terbang pulang namun karena memang mereka merasa kami memberikan pelatihan secara profesional dan memang sangat dibutuhkan untuk pengembangan instansi dimana mereka bekerja. Salam kami untuk rekan-rekan lain di kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Rote-Ndao, semoga kami bisa segera berkunjung kesana.

Leave a Reply