Basic Mikrotik Training Bagi Staff EDP Universitas Flores

Basic Mikrotik Training Universitas Flores

Kerjasama yang baik antara Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta dan Universitas Flores yang sudah terjalin sejak tahun 2009 kembali dilanjutkan pada tahun 2014 ini. Jika pada bulan Maret lalu beberapa staf dan instruktur Focus Techno Media Yogyakarta yang mengunjungi Universitas Flores di kota Ende, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara  Timur. Pada bulan April ini berganti perwakilan dari Universitas Flores yang berkunjung ke Focus Techno Media Yogyakarta. Tepatnya pada tanggal 28 – 30 April 2014, lima orang dari bagian EDP Universitas Flores mengikuti pelatihan Mikrotik dasar. Rombongan tim langsung dipimpin oleh bapak Ferdinandus selaku kepala bagian EDP Universitas Flores.

Mikrotik Router adalah sebuah alat yang dapat berkolaborasi dengan komputer sehingga komputer dapat melakukan fungsi router, bridge, firewall, pengaturan bandwidth, wireless Access Point atau Client dan fungsi networking serta beberapa fungsi server. Manfaat dari pelatihan Mikrotik Router bagi peserta adalah membuat router yaitu perangkat jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan komputer yang berbeda, meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya menggunakan Mikrotik dan manajemen penggunaan Internet.

Baca Juga: Pelatihan Mikrotik RouterOS di Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta

Universitas Flores yang memiliki beberapa gedung dengan lokasi yang berbeda dan ada yang berada di daerah perbukitan rupanya menimbulkan masalah tersendiri bagi staff EDP terutama yang bertanggung jawab pada bagian jaringan komputer. Oleh karena hal tersebut, Universitas Flores memberikan kepercayaan kepada Focus Techno Media Yogyakarta untuk meningkatkan skill para staff EDP universitas Flores terutama dalam hal pemanfaatan Mikrotik Router.

Basic Mikrotik Training berjalan dengan pembukaan materi awal mengenai pengenalan Mikrotik dilanjutkan dengan materi RouterOS dan implementasi Mikrotik di lapangan, Akses troubleshoot via Terminal, Teori TCP/IP dan Teori Routing dan Bridging . Tahap selanjutnya adalah mendalami materi yang lebih lanjut mengenai Mikrotik Router. Materi terdiri dari Command Line Interface (CLI ), Pengaturan Traffic, Proxy Server, Packet Flow (penjelasan diagram), Firewall Dasar, Firewall Mangle, dan Network Address Translation (DMZ).  Pada bagian akhir pelatihan peserta diajarkan materi Bridging and Routing (Wired and Wireless), Load balancing, Wireless Basic, Tunnel dan VPN,  Bandwidth Limiter (Quality of Service), User Management, meliputi DHCP, StaticARP, Proxy, Hotspot dan Implementasinya. Basic Mikrotik Training dibagi menjadi dua bagian yaitu teori dan praktek, sehingga peserta dapat membuat simulasi real work dan siap untuk membuat jaringan menggunakan Mikrotik Router di Universitas Flores.

Leave a Reply