Pelatihan Manajemen Aset Berbasis Teknologi Informasi

pelatihan manajemen aset

Dalam perspektif keuangan, kemampuan perusahaan untuk mengelola aset (asset) kewajibannya (liability) akan sangat menentukan pencapaian tujuan peningkatan nilai perusahaan. Aset yang dimiliki perusahaan adalah bentuk investasi yang dilakukan perusahaan, sedangkan sisi kewajiban merupakan cerminan keputusan pendanaan eksternal (external financing) yang jika tidak dikelola dengan baik akan justru meningkatkan risiko finansial yang dihadapi perusahaan. Maka dari itu perlu dilakukan training atau pelatihan manajemen aset yang baik sebagai informasi perjalanan aset secara keseluruhan, memuat berapa banyak aset dan biayanya, pemanfaatan, kondisi dan pemeliharaan serta lokasi penyimpanan. Hal ini juga berfungsi untuk mencegah dari hilangnya aset, perhitungan pajak dan depresiasi.

Baca juga: DPKKD Kabupaten Aceh Singkil Pelatihan Manajemen Aset di FTM Yogyakarta

Tujuan

Adapun tujuan dari pelatihan manajemen aset adalah:

  1. Membekali peserta implementasi sistem informasi manajemen aset di Perusahaan tempat bekerja
  2. Menjelaskan kepada peserta mengenai pentingnya pengelolaan aset dilakukan secara profesional dan terintegrasi.
  3. Membekali peserta terkait dengan pengelolaan aset secara terintegrasi mulai dari planning, pengadaan, verifikasi, pencatatan, layout, pergudangan, pemeliharaan, sistem informasi aset, serta monitoring dan evaluasi.
  4. Membekali peserta metode pengambilan keputusan dalam pengelolaan aset, sehingga lebih efisien, mengurangi pemborosan/kerugian,  mencegah hilangnya aset serta mecegah konflik karena aset.

MATERI

  1. Konsep Dasar Manajemen Aset dan Ruang lingkup Manajemen Aset
  2. Perencanaan Manajemen Aset:  prosedur perencanaan kebutuhan aset  dan  penganggarannya
  3. Pengadaan Aset (Procurement): sistem dan prosedur pengadaan aset : swakelola/ outsourcing, penyimpangan dalam pengadaan, pengawasan pengadaan, formulir –formulir prosedur pengadaan.
  4. Manajemen Penggudangan Aset (Warehousing): prosedur penerimaan, verifikasi, pendistribusian dan prinsip penyimpanan aset dan formulir inventarisasi asset di Gudang.
  5. Kodifikasi dan Sistem informasi Asset: Perencanaan kodifikasi dan SIM
  6. Manajemen Keuangan Aset dan Penilaian Aset
  7. Pengukuran dan Evaluasi Aset
  8. Sumberdaya Manusia  dalam Penanganan Aset Perusahaan: Struktur Organisasi Manajemen Aset,    Pengaturan Tugas dan Wewenang Pengelolaan Aset, dan Mengatasi Konflik Terkait dengan Aset.
  9. Metode Lelang dan Penghapusan Aset

Leave a Reply