Pelatihan Sistem Informasi Geografis diikuti Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT Mengikuti

Untuk meningkatkan kemampuan SDM di Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT pada pengetahuan Sistem Informasi Geografi  dikirimkan 3 orang sdm ke Techno Jogja Yogyakarta. Diberangkatkan pada awal bulan Juni 2014 mereka berencana akan mengikuti pelatihan Sistem Informasi Geografis selama 6 hari.

Dibawah pimpinan Bapak Vinsensius Banamtuab, S,Sos, kasubag Program Data dan Evaluasi disertai Bapak Albertus, SS dan Arnoldus Maufani mereka ke Jogja. Mereka menginjakkan kaki di bandara Adi Sucipto Jogja dijemput kru dari Focus Techno Media Yogyakarta. Setelah diberikan layanan makan malam di sebuah kawasan kuliner Yogyakarta mereka diantar langsung ke Hotel Malioboro Palace di kawasan jalan Malioboro.

Baca Juga : Sistem Pendataan Pembangunan Kab Ende

Pelatihan Sistem Informasi Geografis dibimbing oleh instruktur senior Focus Techno Media lulusan dari Fakultas Geografi UGM.  Sistem Informasi Geografi (SIG)  adalah suatu sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang bereferensi spasial atau berkoordinat geografi.

GIS merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui data. GIS juga untuk  mengelola, memanipulasi, meng-integrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis. Dengan demikian, dalam dunia pariwisata GIS dibutuhkan untuk mengelola data-data pariwisata berdasarkan data spasial dan non spasial bidang pariwisata.

Setelah mengikuti pelatihan diharapkan SDM Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi NTT mampu membuat dan mengelola data-data pariwisata. Lebih tepatnya mengelola data pariwisata dan menampilkan dalam sebuah visualisasi berupa peta pariwisata dengan lebih baik

Leave a Reply