PU Kab. Ende NTT Berencana Membangun Aplikasi Sistem Pendataan Pembangunan

Bapak John Ambo Kabag Program dnas Pekerjaan Umum, kab Ende provinsi Nusa Tenggara Timur memulai pembicaraan untuk mengawali kerjasama. Tujuan utamanya adalah mendiskusikan mengenai rencana membangun Aplikasi Sistem Pendataan Pembangunan yang akan segera  dilaksanakan.

Menyadari akan pentingnya data pembangunan untuk menyelenggarakan pembangunan yang berkelanjutan dan terpadu diperlukan dukungan data yang akurat dan rapi. Namun semakin majunya pembangunan  yang dilaksankan dinas PU kabupaten Ende menyebabkan pencatatan pendataan pembangunan secara manual tidak memungkinkan lagi. Sistem pendataan manual yang mengharuskan mencatat dan menyimpan dokumen secara manual membutuhkan waktu  lama untuk menghasilkan pendataan yang rapi.

Baca Juga : Pelatihan Pemrograman PHP MySQL

Pencatatan secara manual juga menyulitkan dalam penympanan data baik yang akan disimpan dalam bentuk file maupun dalam bentuk cetakan. Kesulitan yang pasti terjadi adalah saat akan mendapatkan kembali yang telah disimpan dalam waktu lama. Untuk mendapatkan kembali perlu waktu yang cukup lama. Dengan demikian saat data diperlukan untuk evaluasi ataupun untuk keperluan lain, akan diperlukan waktu cukup lama untuk menyiapkan.

Pencatatan menggunakan software Aplikasi Sistem Pendataan Pembangunan yang  dibuat khusus untuk pencatatan data pembangunan akan memberikan kemudahan dalam pencatatan dan menyakian kembali data dalam berbagai bentuk yang diinginkan. Selain data-data mudah ditemukan dan lebih cepat disajikan, data-data bisa pula dilengkapi secara otomatis baik dalam bentuk statistik maupun bentuk grafik perkembangannya.

Dengan hangatnya materi yang diobrolkan, tanpa disadari waktu mendekati tengah malam, diakhiri dengan janji kan bertemu lagi dalam waktu dekat, Pak Jhon Ambo dan Bu Nur 4 jam sesudahnya harus bersiap untuk terbang kembali ke Ende dan memulai untuk merancang dan merencanakan pembuatan sistem Aplikasi Sistem Pendataan Pembangunan agar seluruh proyek pembangunan tercatat dan terdokumentasi dengan baik dan memberikan gambaran secara riil baik kepada DPR maupun kepada masyarakat umum nantinya.

 

Leave a Reply