Bimtek Pengelolaan Database Inseminasi Buatan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kutai Kartanegara

bimtek pengelolaan database

Dipimpin oleh Bapak Ir. Nur Hapsoro, Msi. lima orang sdm dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur selama tiga hari mengikuti bimtek pengelolaan database di Focus Techno Media Jogja. Materi pelatihan meliputi pengertian dasar mengenai pengelolaan database dalam hal ini data Inseminasi Buatan.  Dimulai dari pengumpulan data dari inseminator yang tersebar diberbagai pelosok desa menggunakan sarana short message service (SMS) menggunakan telepon genggam hingga pengelolaan data diakhiri pencetakan data dalam format laporan.

Bimbingan teknis penggunaan aplikasi SMS Gateway untuk IB ini berjalan sangat dinamis dan menarik. Aplikasi yang dikembangkan oleh Techno Jogja ini sangat membantu dalam pengumpulan dan pengelolaan data IB. Bila sebelumnya pelaporan data IB bisa dipastikan terlambat dan kurang tretata rapi, menggunakan aplikasi ini menjadi mudah cepat dan murah. Untuk mendapatkan berbagai bentuk laporan data IB menjadi cepat dan mudah. Data inseminator dan kegiatannya pada setiap bulan, kegiatan inseminasi pada suatu kecamatan, kegiatan IB yang ada pada setiap tahun atau setiap bulan, semua bisa didapatkan dan dicetak dengan mudah dan cepat.

Setelah beberapa hari mengikuti penjelasan program aplikasi SMS Gateway ini, rombongan dari Kabupaten Kartanegara ini yakin akan manfaat yang bisa dipetik dan kegunaan aplikasi ini dan diputuskan untuk menggunakannya di instasinya. Dengan senang hati tim dari Techno Jogja membantu menyiapkan software dan termasuk dalam membuat SOP agar program berjalan dengan baik.

Baca Juga : Pelatihan Database MySQL Universitas Katolik Musi Charitas Palembang Sumatera Selatan

Diakhir sesi diadakan malam keakraban dengan bernyanyi dan berdansa. Kebetulan ada perserta pelatihan dari negeri tetangga Timor Leste yang menambah semaraknya malam keakraban.

Leave a Reply