Kementerian Lingkungan Hidup RD Timor Leste Pelatihan Keanekaragaman Hayati (Biodiversitas) di FTM Yogyakarta

Foto pelatihan Keanekaragaman hayati

Keanekaragaman hayati (biodiversitas) adalah keanekaragaman organisme yang menunjukkan keseluruhan variasi gen, jenis, dan ekosistem pada suatu daerah. Keanekaragaman hayati melingkupi berbagai perbedaan atau variasi bentuk, penampilan, jumlah, dan sifat-sifat yang terlihat pada berbagai tingkatan, baik tingkatan gen, tingkatan spesies, maupun tingkatan ekosistem. Gampangnya, keanekaragaman hayati adalah semua jenis perbedaan antar mahkluk hidup. Berdasarkan hal tersebut, para pakar membedakan keanekaragaman hayati menjadi tiga tingkatan, yaitu keanekaragaman gen, keanekaragaman jenis, dan keanekaragaman ekosistem. Memahami tentang betapa pentingnya keanekaragaman hayati dalam menunjang keberlangsungan hidup manusia, kementerian yang membawahi lingkungan hidup negara RDTL mengirimkan staf dan tenaga ahlinya belajar tentang keaneka ragaman hayati dan pelestariannya ke Yogyakarta. FTM Yogyakarta ditunjuk untuk menyelenggarakan pelatihan (training) dan kunjungan kerja (field trip) tentang pengelolaan keanekaragaman hayati di Indonesia.

Baca Juga: Kementerian Lingkungan Hidup Timor Leste Bekerja Sama Dengan Focus Techno Media Yogyakarta Dalam Pelatihan Keuangan dan Pelaporannya

Penyelenggaraan pelatihan keanekaragaman hayati dimulai dari tanggal 13 Oktober 2014 di gedung Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta yang beralamat di jalan Perumnas 83, kompleks Ghrha Strategic, Yogyakarta. Direncanakan pelatihan akan memakan waktu dua minggu atau 12 hari kerja. Pelatihan keanekaragaman hayati meliputi pemahaman mengenai keanekaragaman hayati dengan berbagai pendekatan, persoalan dan solusi dengan dibimbing oleh tenaga ahli dan profesional dari berbagai bidang yang konsen pada pelestarian keanekaraman hayati. Paparan materi, pengamatan langsung hingga tugas dan diskusi kelompok harus dijalani dan diselesaikan dengan baik oleh 7 (tujuh) orang peserta pelatihan yang dikirim dan mendapat tanggungjawab dalam peningkatan kemampuan.

Leave a Reply