Kementerian Lingkungan Hidup Timor Leste Bekerja Sama Dengan FTM Yogyakarta Dalam Pelatihan Keuangan dan Pelaporannya

serah_terima_cinderamata_untuk_peserta timor leste

Bapak Andrew mengkoordinir teman-temannya dari kementerian Lingkungan Hidup negara tetangga Republic Democratic Timor Leste. Direncanakan mereka akan mencermati sistem dan pelatihan keuangan dan pelaporannya selama dua minggu. Pelatihan sesuai permintaan dari kantor kementerian akan dimulai dari jam 08.00 hingga 15.00 waktu stempat. Adalah Mr. Arief yang merupakan pengajar senior dan memiliki segudang pengalaman dalam masalah keuangan perusahaan dan organisasi akan membimbing mereka sela pelatihan di kota Yogyakarta

Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja perusahaan tersebut. Laporan keuangan adalah bagian dari proses pelaporan keuangan. Laporan keuangan yang lengkap biasanya meliputi : Neraca, Laporan laba rugi komprehensif, Laporan perubahan ekuitas, Laporan perubahan posisi keuangan yang dapat disajikan berupa laporan arus kas atau laporan arus dana dan Catatan dan laporan lain serta materi penjelasan yang merupakan bagian integral dari laporan keuangan.

Baca Juga: MESCC Timor Leste Pelatihan Audit dan Laporan Keuangan

Unsur yang berkaitan secara langsung dengan pengukuran posisi keuangan adalah aset, kewajiban, dan ekuitas. Sedangkan unsur yang berkaitan dengan pengukuran kinerja dalam laporan laba rugi adalah penghasilan dan beban. Laporan posisi keuangan biasanya mencerminkan berbagai unsur laporan laba rugi dan perubahan dalam berbagai unsur neraca. Diharapkan dengan pengetahuan ini SDM bagian keuangan di Kementerian Lingkungan Hidup menjadi semakin tertib dan rapi.

Pelatihan keuangan dan pelaporannya menggunakan beberapa metode pengajaran baik secara paparan di kelas, praktek langsung hingga field trip ke beberapa kantor pemerintah. Di akhir sesi pelatihan, semua peserta pelatihan diadakan review untuk mengetahui tingkat penyerapan dan kemudian dilakukan diskusi bersama.

Leave a Reply