Pelatihan Pemetaan GIS di Focus Techno Media

Pelatihan Pemetaan Gis

Kami Focus Techno Media Yogyakarta bergerak di bidang aplikasi software menyelenggarakan pelatihan pemetaan Gis baik dasar menengah atau pun mahir. Secara umum Sistem informasi geografis (SIG) atau geographic information system (GIS) merupakan kumpulan dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan data memasukan, mengelola, menganalisa dan menampilkan semua informasi geografis.

Gis memungkinkan kita dapat memahami, mengerti, menginterpretasikan dan memvisualisasikan data geografi sehingga dapat mengetahui pola, hubungan dan tren dalam bentuk peta, tabel dan grafik serta laporan.

Saat ini aplikasi Sistem Informasi Geografis memiliki peranan yang sangat penting dalam berbagai bidang, dengan kemajuan teknologi dan metode yang semakin berkembang berbagai persoalan keruangan yang pada awalnya memerlukan proses yang rumit dan memakan waktu, menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Untuk menguasai aplikasi GIS secara khusus tentunya memerlukan kemampuan sumberdaya manusia dan alat yang memadai. Hal ini diperlukan untuk mendapatkan hasil pengolahan data spasial yang baik dan optimal.

Pelatihan-gis-dasar-dari-medan-ditechnophoriajogja

Pelatihan pemetaan GIS tingkat dasar sendiri adalah pelatihan yang dirancang selama 3 hari. Dalam pelatihan diharapkan peserta pelatihan dapat memulai untuk belajar, mengenal dan menguasai prinsip-prinsip Sistem Informasi Geografis (SIG) dengan menggunakan software ArcGIS. Peserta pelatihan akan mempunyai kemampuan untuk membuat dan mengelola data spasial serta peta digital. Data spasial tersebut berguna dalam pengambilan berbagai keputusan seperti perencanaan, proyek di lembaga/institusi, pemetaan khususnya dalam konteks perencanaan dan pengelolaan SDA.

Materi Pelatihan

Penyampaian materi pelatihan dilakukan secara bertahap mengenai konsep hingga praktek aplikasi GIS praktis dengan software ArcGIS. Pelatihan dilakukan dalam suasana informal dengan menekankan pada praktek study kasus yang dihadapi oleh peserta.

Leave a Reply