DPKKD Kabupaten Aceh Singkil Pelatihan Manajemen Aset di FTM Yogyakarta

Dipimpin langsung oleh Bapak Ismail Mz, S.Hut, rombongan dari DPKKD Kabupaten Aceh Singkil mengikuti pelatihan Manajemen Aset di Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka usaha mencapai Opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) dari BPK untuk laporan keuangan Kabupaten Aceh Singkil. WTP merupakan salah satu tingkat Opini Badan Pemeriksa Keuangan (disingkat Opini BPK) yaitu pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern. Setiap Pemda wajib mendapatkan Opini WTP.  Opini WTP adalah instrumen dalam pengambilan keputusan yang tepat sebagai bentuk akuntabilitasnya laporan keuangannya.

Pelatihan-Aplikasi-Manajemen-aset-DPPKA-Aceh-Singkil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga: Pelatihan Manajemen Aset Berbasis Teknologi Informasi

FTM Yogyakarta selalu memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh peserta pelatihan untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan kegiatan pelatihan. Semua peserta pelatihan selalu dijemput saat menginjakkan kaki di kota Yogyakarta. Kemudian dengan mobil yang dikhususkan untuk penjemputan, peserta pelatihan diantar ke hotel yang telah disiapkan terlebih dahulu. Dari hotel ke tempat pelatihan dan sebaliknya juga disediakan kendaraan khusus sehingga peserta pelatihan tidak perlu memikirkan transportasi selama mengikuti pelatihan. Bahkan untuk keperluan tertentu seperti berkunjung ke Malioboro telah disiapkan armada yang selalu siap mengantar merek.

Pelatihan berjalan 3 (tiga) hari dimulai dari jam 08.00 hingga 16.00 sore hari bertempat di gedung Grha FTM Yogyakarta. Pelatihan Manajemen Aset Daerah dibimbing langsung oleh staf ahli dari kantor Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPKAD) Provinsi DI Yogyakarta. Banyak sekali kasus yang dipaparkan oleh pembimbing yang sangat relevan dengan kondisi dengan Kabupaten Aceh Singkil. Dengan pemaparan kasus dan solusinya dari DPPKAD Provinsi DI Yogyakarta yang telah mencapai 4 (kali) berturut-turut, diharapkan mampu menjawab permasalahan yang dihadapi DPKKD Kabupaten Aceh Singkil.

Baca Juga: Sistem Informasi Manajemen Pemanfaatan Aset Daerah Oleh FTM Yogyakarta

Dalam kesempatan lain, Bapak Ismail dan rombongan melihat dan mempelajari secara langsung software aplikasi “Sistem Informasi Pemanfaatan Aset” dan “Sistem Komputerisasi Perjalanan Dinas”. Mereka sangat antusias dan merencanakan dalam anggaran perubahan untuk menindak lanjuti peningkatan kualitas kinerja kantor DPKKD dengan memanfaatkan produk sistem informasi yang ada di FTM Yogyakarta.

Leave a Reply