Pemetaan Database Pembangunan Menggunakan Aplikasi SIMPEDEPE

Pemetaan Database Pembangunan

SIMPEDEPE atau Sistem Informasi Pemetaan Database Pembangunan digunakan untuk mencatat dan mengkoordinasikan kegiatan pembangunan daerah. Rumitnya koordinasi antara pusat dan daerah dimana Bappeda dan Biro Pembangunan SETDA sebagai instansi pelapor dan juga berfungsi sebagai koordinator pelaksanaan tugas pembantuan yang dilaksanakan oleh SKPD dengan format yang begitu banyak dengan membutuhkan waktu yang cukup lama menyebabkan laporan disampaikan tidak mencapai target waktu yang ditetapkan. Penerapan aplikasi ini akan mempermudah, mengefisienkan serta mengefektifkan pelaksanaan tugas dengan hasil yang optimal.

Pada tanggal 12,13,14 Agustus 2015 telah di adakan Bimtek Aplikasi SIMPEPEDE (Sistem Informasi Pemetaan Database Pembangunan) di gedung barat Focus Techno Media Yogyakarta peserta berasal dari SKPD Setkab Kuta Timur. Kabupaten yang ber ibu kota di Sangata ini telah beberapa kali bekerja sama dengan lembaga di Ygyaarta ini.  Dimana Pelatihan ini disampaikan oleh Mr. Wahyu pada hari pertama dan Mr.Trisusanto pada hari ke dua.

Baca juga : Sistem Administrasi Stock Opname

Para peserta pelatihan dengan antusias  mengikuti materi pelatihan yang disampaikan oleh pengajar yang berpengalaman dalam pembuatan Program Aplikasi. Dengan mengeimplementasikan sistem informasi pemetaan database pembangunan online ini memberikan manfaat besar. Manfaat nyata adalah memberikan fast feedback untuk peningkatan kinerja dan mengendalikan proses pelaksanaan rencana. Hasil positip juga terasa pada ketepatan penentuan tindak lanjut terhadap permasalahan, serta menjadi bahan pertimbangan dalam penentuan kebijakan selanjutnya. Semoga dengan adanya pelatihan ini peserta dapat menerapkan dan dapat mengembangkan ilmu yang didapat.

Leave a Reply