Pelatihan Manajemen Aset Daerah dari Kotabaru Gelombang ke II

Pelatihan Manajemen Aset

Pelatihan Manajemen Aset Daerah dari berbagai SKPD di kabupaten Kotabaru Provinsi Kalimantan Selatan diselenggarakan oleh Focus Techno Media Yogyakarta dari tanggal 10 hingga tanggal 12 September 2015. Sejumlah 14 peserta dari 8 Satuan Kerja Pemerintah Daerah kabupaten Kotabaru dibawah koordinasi Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah kabupaten Kotabaru mengikuti pelatihan ini. BPKADkota baru berkeinginan kuat untuk mendapatkan penilaian laporan keuangan dengan tingkat opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) oleh BPK pada tahun ini. Selain dari BPKAD sendiri sebagai koordinator, SKPD lain yang mengikuti adalah dari Dinas Kesehatan Kotabaru, Badan Lingkungan Hidup Kotabaru, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kotabaru, Setwan Pengurus Korpri Kotabaru, BLHD Kotabaru, Dinas Pertambangan Kotabaru dan Dinas Cipta Karta Pemukinan dan Perumahan Kotabaru.

pelatihan manajemen aset

Pelatihan Manajemen Aset Daerah diisi oleh mentor-mentor dan praktisi yang berpengalaman di bidangnya, sebagian besar mereka adalah dari Dinas Pendapatan  Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Propinsi DI Yogyakarta yang telah berhasil mencapai WPT lima kali berturut-turut. Opini Badan Pemeriksa Keuangan (disingkat Opini BPK) merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern. Pelatihan berjalan dengan baik dan banyak menambah pengetahuan dan ketrampilan peserta pelatihan. Banyak pula diskusi yang cukup “sengit” dalam rangka mencapai pemahaman dalam hal pelaporan dimasing-masing SKP.

Pelatihan-Manajemen-Aset-Daerah-dari-Pemkab-Kotabaru

Focus Techno Media sebagai mitra kerjasama mengupayakan segala sesuatu yang memberikan kenyamanan bagi peserta pelatihan. Penjemputan peserta pelatihan di bandara memberikan rasa nyaman dan menghindarkan rasa bingung dan was-was bagi peserta yang sama sekali belum pernah menginjakkan kaki di kota Yogyakarta. Hotel yang representatif di jantung kota Yogyakarta memudahkan peserta pelatihan untuk jalan-jalan dan belanja di Malioboro dan pasar Beringharja saat di luar jam pelatihan. Armada mobil dari Focus Techno Media yang semuanya baru, siap mengantarkan ke berbagai destinasi wisata di seputaran kota Yogyakarta.

 

Leave a Reply