GIZ Timor Leste Mengikuti Pelatihan Effective Leadership

Peserta Pelatihan Eff Leadership

Kepemimpinan dapat dikonseptualisasikan sebagai suatu interaksi antara seseorang dengan suatu kelompok, tepatnya antara seorang dengan anggota-anggota kelompok setiap peserta didalam interaksi memainkan peranan dan dengan cara-cara tertentu peranan itu harus dipilah-pilahkan dengan yang lain. Kepemimpinan merupakan faktor kunci dalam suksesnya suatu organisasi serta manajemen.  Kepemimpinan adalah entitas yang mengarahkan kerja para anggota organisasi untuk mencapai tujuan organisasi. Kepemimpinan yang baik diyakini mampu mengikat, mengharmonisasi, serta mendorong potensi sumber daya organisasi agar dapat bersaing secara baikkan soal pengaruh, pemimpin mempengaruhi dan orang lain dipengaruhi. GIZ Timor Leste  mengirim staf terbaiknya untuk mengikuti pelatihan effective leadership selama 5 (Lima hari) dari tanggal 5 – 9 Oktober 2015 di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta.

Pelatihan Eff Leadership

Pelatihan effective leadership ini diisi oleh narasumber yang profesional dan kocak Bapak Hasan Abdullah Al-Kaff, SH, SPd. Pada hari pertama dengan gaya santai dan kocak dalam menyampaikan materi yang seharusnya itu merupakan materi yang berat. Sebelum menyampaikan materi Bapak Hasan memperkenalkan dirinya sendiri lewat profil yang di tampilkan lewat Audio proyektor. Kemudian disusul para peserta dari GIZ Timor Leste memperkenalkan diri masing-masing.

Baca juga: Leadership Training Bagi Staf ALFeLa Timor-Leste

Sedangkan hari kedua diisi oleh Bapak Riyanto yang juga tidak kalah kocak tapi santai dalam menyampaikan materi Kepemimpinan. Para peserta dan pemateri saling berdiskusi dan bertukar pengalaman dengan penuh keakraban. Pada hari Selasa malamnya peserta pelatihan juga diajak jamuan makan malam sekaligus keakraban, hal ini dimaksudkan agar semua peserta yang datang dari berbagai daerah bisa berbaur dan akrab sehingga suasana di tempat pelatihan terlihat harmonis. Setelah acara jamuan makan malam keesokan hari biasanya para peserta terlihat akrab dan ini yang menjadikan pelatihan menjadi lebih efektif. Tidak jarang mereka berbagi cerita dan pengalaman dari daerah masing-masing.

Leave a Reply