Universitas Negeri Bangka Belitung Mengikuti Pelatihan SAP

Pelatihan SAP, Univ Negeri Bangka Belitung

Universitas Negeri Bangka Belitung mengirimkan staf pengajar untuk mengikuti Pelatihan SAP yang dimulai dari pukul 08.00 Wib s/d pukul 15.00 wib. Selama 5 (lima) hari dari tanggal 5 – 9 oktober 2015. Peserta pelatihan ini bernama Bapak Doni merupakan alumnus universitas swasta terkenal di Yogyakarta memilih Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta karena Pengajar yang profesional dan mempunyai jam terbang tinggi dalam mengajar serta pelayanan para staf  FTM Yogyakarta yang luar biasa serta ramah ramah. Kenapa memilih materi ini karena program ini sesuai bidangnya dan  sangat dibutuhkan di instansi Bapak Doni bekerja dibidang pendidikan juga.

Program SAP adalah salah satu program analisis dan perancangan struktur yang telah dipakai secara luas di seluruh dunia. Program SAP dapat melakukan perhitungan analisis struktur statik dan dinamik, saat melakukan desain penampang beton bertulang maupun struktur baja. Pelatihan SAP, dengan program SAP yang sudah menyediakan metode interface (antarmuka) grafis maka proses pembuatan model, pemeriksaan tampilan sampai pada perancangan dapat dilakukan secara interaktif langsung terhadap gambar model di layar.

Baca juga: Pelatihan Desain Rancang Bangun di Focus Techno Media Yogyakarta

Paket Program SAP sebagai salah satu paket program rekayasa teknik sipil yang berbeda dengan paket program komputer pada umumnya. Hal ini disebabkan karena pengguna program ini dituntut untuk memahami latar belakang metode penyelesaian dan batasan-batasan yang dihasilkan serta bertanggung jawab penuh terhadap outputnya.

Pelatihan SAP, Technophoria YogyakartaProgram ini digunakan untuk Analisis dan Design struktur menggunakan konsep metode elemen hingga yang didukung dengan analisis Statis, Dinamis, Linear maupun Nonlinear. Banyak tipe struktur yang dapat dianalisis dengan menggunakan paket program SAP2000 ini misalnya: struktur rangka beton bertulang, struktur rangka baja, struktur jembatan, 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D).

Baca juga: Pelatihan Teknologi Informasi dan Program Aplikasi Dinas PUPR

Sedangkan bahan lainnya, kita hanya mendapatkan gaya-gaya dalam (momen, gaya lintang, dan gaya normal), di mana penyelesaian desainnya memerlukan  perhitungan manual seperti struktur kayu, struktur dengan bahan lainnya. Terima kasih Bapak Doni atas atensinya dan kepercayaannya memilih FTM Yogyakarta sebagai tempat untuk menimba ilmu kami tunggu kedatangannya di tahun berikutnya.

Leave a Reply