Pelatihan ETABS Diikuti Peserta Dari Universitas Bangka Belitung

Bimtek instansi ETABS

Pada hari senin tanggal 26 Oktober 2015, dosen Universitas Bangka Belitung kembali berkunjung ke Focus Techno Media Yogyakarta untuk mengikuti pelatihan ETABS selama 5 hari. Pelatihan ini dipandu oleh instruktur yang sudah tidak asing lagi Bapak Agung. Pelatihan ini dimulai pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 15.00 wib. Sekitar 15 menit peserta beristirahat sejenak sambil menikmati coffee break sambil sharing materi dengan instruktur ETABS. Bapak Indra Gunawan merupakan dosen universitas bangka belitung yang gagah dan pandai bernyanyi. Terbukti pada saat acara malam keakraban dibukit bintang menyanyikan salah satu lagu kenangan. Lagu dibawakan dengan suaranya sungguh luar biasa seperti almarhum pance pondang.

Pada saat kami tanya mengapa memilih materi ETABS (Extended Three Dimensional Analysis of Building Systems), beliau berpendapat karena materi ETABS merupakan salah satu program yang handal. Kehandalannya adalah mampu dipergunakan untuk melakukan analisis dan desain pada struktur bangunan dengan cepat dan tepat.

Program ETABS akan sangat membantu dalam melakukan analisis dan desain struktur bangunan. Sebelumnya harus dihitung secara manual dalam waktu yang relatif lama dan keakuratannya tidak terjamin. ETABS sangat relevan untuk desain struktur bagunan gedung bertingkat/high risk building. Hal ini karena bisa memperhitungkan beban berat sendiri struktur, beban hidup, beban angin, dan beban gempa. Beban gempa akan dipelajari dalam 2 analisis yaitu dengan beban respon spectrum function dan dengan time history function.

Pelatihan IT ETABS

 

Program ETABS secara khusus difungsikan untuk menganalisis lima perencanaan struktur. Lima perencanaan struktur yaitu analisis frame baja, frame beton, balok komposit dan baja rangka batang dan analisis dinding geser. Setelah mengikuti pelatihan dan rangkaian acara yang diselengggarakan oleh FTM Yogyakarta akan segera pulang. Pada hari sabtu pagi pukul 09.00 wib Bapak Indra Gunawan bertolak ke kampung halamannya Bangka Belitung untuk kembali mengajar.

Leave a Reply