Review Aplikasi SISINBE Oleh Team KKP di FTM Yogyakarta

Presentasi Aplikasi dari KKP

Review Aplikasi Sisinbe

Kementerian Kelautan dan Perikanan atau biasa disebut KKP mengunjungi Focus Techno Media.  Team Kementerian Kelautan dan Perikanan datang pada pukul 10.00 wib disambut oleh staf dan karyawan Focus Techno Media. Maksud kedatangan Team KKP untuk melakukan Review Aplikasi SISINBE ( Sistem Informasi Benih dan Induk Unggul Hasil Litbang ). Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang di buat oleh programmer Focus Techno Media Mr. Hendra.

Review Aplikasi SISINBE

Team KKP kemudian bertemu staf programmer Bapak Dani dan Mr Hendra yang membuat Aplikasi SISINBE tersebut. Sebelum melakukan Presentasi yang dilakukan oleh programmer Focus Techno Media, Team KKP berdiskusi kecil tentang Aplikasi. Team KKP dan programmer Focus Techno Media berpindah tempat duduk untuk melihat paparan yang disampaikan oleh Programmer Focus Techno Media. Programmer  memberi penjelasan satu persatu dari Dasboard sampai isi data aplikasi secara satu persatu  yang datanya bisa di Import dalam bentuk PDF sampai ke Excel .

Pemaparan dari Team KKP

Presentasi Aplikasi SISINBE

Kebijakan Industrialisasi Perikanan Budidaya

Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Kebijakan “Industrialisasi Perikanan Budidaya”  telah menetapkan arah kebijakan pengelolaan sumberdaya perikanan budidaya. Kebijakan diambil dengan pembangunan infrastruktur, pengembangan sistem investasi dan ilmu pengetahuan dan teknologi. Kebijakan juga tidak melupakan sumberdaya manusia yang diselenggarakan secara terintegrasi dengan berbasis industri” untuk meningkatkan nilai tambah yang berdaya saing tinggi.

Pendataan Dengan SISINBE

Pengembangan industri perikanan budidaya akan diperankan menjadi penghela percepatan sistem produksi perikanan nasional berorientasi pada trend pasar global dan lokal. Pengembangan sasaran strategis yaitu “Sentra industri kelautan dan perikanan yang memiliki komoditas unggulan dan menerapkan teknologi inovatif dengan kemasan serta mutu terjamin”

Review dari Kementerain Kelautan dan Perikanan

Sistim pendataan perbenihan yang lebih dikenal dengan istilah statistik perbenihan ini merupakan ilmu dan seni. Sistem ini bisa pula dikatakan teknik untuk mengumpulkan data, menyajikan data, menganalisis data dan mengambil kesimpulan. Data yang merupakan produk akhir dari suatu proses statistik tersebut akan disajikan serta dipublikasikan melalui statistik perbenihan.

Statistik perbenihan ini akan menjadi pedoman dan acuan bagi pemerintah pusat dan daerah. Data ini jugabagi pelaku usaha perbenihan dan pembesaran dan masyarakat perikanan lainnya dalam rangka peningkatan produksi perikanan budidaya. Aplikasi SISINBE (Sistem Informasi Benih dan Induk Unggul Hasil Litbang ) ini sudah jadi hanya tinggal melakukan finishing terhadap desain Aplikasi tersebut.

Leave a Reply