Jumenengan Paku Alam X Kamis 8 Januari 2016 | Wisata Kota Yogyakarta

Yogyakarta – Peserta pelatihan TI dan pengembangan SDM yang berasal dari berbagai kota kabupaten di Indonesia  menjadi saksi jumenengan Paku Alam  X atau pelantikan raja Paku Alam yang ke X. Mereka akan diantar dan dipandu oleh Focus Techno Media Yogyakarta untuk bisa menikmati ritual tradisi budaya yang langka terjadi. Sunggu sayang dilewatkan kalau saat itu anda berada di sini.

Beruntung ada mas Iman di Focus Techno Media Yogyakarta yang banyak memahami tentang sejarah Raja-raja Mataram. Mas Iman ini adalah lulusan Fakultas Peternakan UGM namun berkarya di bidang TI dan hobinya membaca sejarah kerajaan-kerajaan di Nusantara.

Kadipaten Pakualaman atau Negeri Pakualaman atau Praja Pakualaman didirikan pada tanggal 17 Maret 1813, ketika Pangeran Notokusumo, putra dari Sultan Hamengku Buwono I dengan Selir Srenggorowati dinobatkan oleh Gubernur-Jenderal Sir Thomas Raffles [Gubernur Jendral Britania Raya yg memerintah saat itu] sebagai Kangjeng Gusti Pangeran Adipati Paku Alam I.

Status kerajaan ini mirip dengan status Praja Mangkunagaran di Surakarta. Paku Alaman juga dilengkapi dengan sebuah legiun tetapi tak pernah menjadi legiun tempur yg besar karena selanjutnya hanya berfungsi sebagai seremonial & pengawal pejabat Kadipaten.

Kadipaten Pakualaman ialah negara dependen yg berbentuk kerajaan. Kedaulatan & kekuasaan pemerintahan negara diatur & dilaksanakan menurut perjanjian/kontrak politik yg dibuat oleh negara induk bersama-sama negara dependen. Sebagai konsekuensi dari bentuk negara kesatuan yg dipilih oleh Republik Indonesia , maka pada tahun 1950 status disesuaikan. Yang sebelumnya negara dependen Kadipaten Pakualaman  diturunkan menjadi daerah istimewa setingkat provinsi dengan nama Daerah Istimewa Yogyakarta. Tentu saja ini berbarengan dengan perubahan status Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat0 yang juga bergabung deng NKRI.

Bila anda tertarik tentang keraton Mataran, bisa bergabung dengan Focus Techno Media dengan mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan. Di sela-sela pelatihan pada sore hari kami akan mengantar mengunjungi tempat-tempat bersejarah dari kerajaan Mataram yang masih terawat dengan baik. demikian pula sore ini kami mengantar peserta pelatihan TI dan pengembangan SDM ymenyaksikan jumenengan Paku Alam  X.

Anda berminat?,…….kami Tunggu

Leave a Reply