Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah | Peningkatan Kapasitas SDM

Pelatihan Jurnal Ilmiah

Yogyakarta – LPMP mempunyai tugas melaksanakan penjaminan mutu pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan kesetaraan pendidikan dasar dan menengah . Ini berdasarkan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) DIY menyelenggarakan Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah bersama Focus Techno Media Yogyakarta. Aktivitas di adakan di gedung Focus Yogyakara dari  tanggal 23 September 2015 sampai dengan tanggal 25 September 2015.

Kegiatanyang sangat bermanfaat ini di ikuti oleh 20 peserta yang ditugaskan langsung dari pimpinan LPMP. Pelatihan dimulai pada pukul 08.00 wib sampai dengan pukul 16.00 wib. Narasumber dari kalangan akademik yaitu dari perguruan tinggi terkenal di Yogyakarta.

Pengelolaan Jurnal Ilmiah adalah proses atau kerangka kerja dalam mengelola dan konfigurasi jurnal ilmiah. Pengelolaan jurnal ilmiah (Journal Management) hanya dapat dilakukan pengguna dengan peran sebagai jurnal manajer atau manager journal.

Siapakan Pengelola Jurnal Ilmiah ?

Pengelola jurnal adalah orang-orang yang mengelola jurnal. Tidak jarang muncul berbagai masalah dalam mengelola jurnal, mulai dari tuntutan institusi, author, dan reviewer. Mengelola jurnal elektronik tidaklah mudah. Misal- nya, editor memiliki tugas membaca dan mengoreksi beberapa artikel sampai publish. Semua itu membutuhkan waktu dan tenaga. Berbagai macam tuntutan itu sering kali membuat pengelola jurnal frustasi. Ditambah lagi dengan tuntutan institusi dan peraturan pemerintah yang mengharuskan semua jurnal menggunakan OJS.

 

Pelatihan Jurnal ilmiah

Aktivitas pengelolaan jurnal ilmiah pada saat ini diarahkan dalam bentuk daring (online) agar desiminasi dan sebaran akses semakin luas dibandingkan dengan jurnal cetak. Salah satu sistem pengelolaan yang banyak digunakan saat ini adalah Open Journal Sistem (OJS). Melalui OJS pengelolaan jurnal lebih tertata dan terdokumentasi secara baik dan rapi. Kebijakan ini seolah tidak memperhatikan kesiapan para pengelola jurnal. Untuk  itulah sangat diperlukan penyegaran bagi SDM dengan Pelatihan Pengelolaan Jurnal Ilmiah

Leave a Reply