Sistem Aplikasi Populasi Ternak Daerah | Pelatihan PHP MySQL

Berapah jumlah ternak sapi di kabupaten Anda saat ini? Bagaimana perkembangannya dari tahun ketahun? Bagaimana prediksi produksi ternak di tahun mendatang? Ini adalah pertanyaan mendasar yang wajib bisa dijawab dengan benar kepala bidang peternakan di suatu daerah. Jumlah ternak saat ini, perkembangan dan produksinya bisa dijawab oleh Sistem Aplikasi Populasi Ternak Daerah. Dengan mengetahui secara akurat data-data dan perkembangan populasi ternak akan bisa diambil kebijakan yang tepat dalam upaya meningkatkan tercapainya swasembada daging di tiap daerah.

Pendataan ternak akan menjadi pekerjaan berat dan rumit jika telah menyangkut jumlah ternak yang besar, daerah yang luas dan melibatkan sumber daya manusia yang banyak. Belum lagi sistem pemeliharaan ternak yang dilepas di hutan, akan menyulitkan pemantauan perubahan jumlah ternak yang dimiliki.

Dengan permasalahan ini tentu saja diperlukan sistem pencatatan ternak yang baik dan konsisten dari waktu ke waktu. Disamping memerlukan sistem pencatatan yang benar juga harus didukung kemampuan SDM yang mencatat sesuai SOP yang telah disepakati. Kendala yang harus diatasi lainnya adalah  mempermudah cara pencatatan dan sekaligus melaporkan hasil rekapan data baik dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten hingga provinsi. Semua harus dilakukan dengan cermat dan akurat, mudah, murah dan dalam waktu yang singkat tidak bertele-tele.

Focus Techno Media Yogyakarta mengembangkan pendataan mengunakan Sistem Aplikasi Populasi Ternak Daerah. Aplikasi ini berbasis web yang sederhana, ringan, murah dan mudah digunakan oleh siapa saja. Menggunakan aplikasi ini akan sangat membantu semua SDM yang terlibat dalam pendataan ternak. Petugas akan mudah mencatat dan mendapatkan data ternak pada suatu daerah.

Cara Kerja Program

Aplikasi ini berbasis web sehingga SDM yang mengisi data harian cukup mudah dalam mencatat perubahan jumlah ternak yang menjadi tanggungjawabnya.  Perubahan data dari setiap desa yang dikirim melalui internet akan langsung secara otomatis terkumpul dalam sebuah database. Data dalam database di proses oleh program untuk disajikan dalam bentuk laporan. Lembar laporan inilah yang siap dimanfaatkan oleh pengambil kebijakan dimanapun berada.

Fitur tambahan yang sangat menarik adalah sistem aplikasi ini juga bisa menampilkan grafik pertumnuhan ternak dari waktu ke waktu. Disamping itu, rekap pelaporan data ternak yang bisa diampilkan sesuai keinginan (berdasar desa, kecamatan, tahun, jenis ternak dan lain sebagainya) bisa dieksport dalam bentuk data excel.

Demikianlah Sistem Aplikasi Pendataan Populasi Ternak Daerah ini sangat bermanfaat digunakan setiap daerah. Semua menjadi mudah dalamk mencatat semua jenis ternak, memantau dan untuk membuat rekapitulasi jumlah ternak berdasarkan berbagai variabel sesuai yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Leave a Reply