Pelatihan Linux Server PT. Lautan Teduh Interniaga Bandar Lampung

Pelatihan Linux Server

Focus Techno Media – PT. Lautan Teduh Interniaga Bandar Lampung yang merupakan main dealer Yamaha se Provinsi Lampung mengirimkan salah seorang staf bagian IT, yaitu Bapak Sandy, untuk mengikuti pelatihan Linux Server di Focus Techno Media Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan di Graha Focus Techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan Yogyakarta, selama tiga hari full day dari tanggal 19 – 21 April 2016.

Pelatihan dititkberatkan pada pendalaman materi tentang Linux Server Ubuntu, antara lain pembuatan macam-macam partisi dalam proses instalasi Linux, koneksitas dengan database MySQL, pengelolaan web hosting control panel, memindah document root web server Apache2 dan lain-lain. Di samping, review materi-materi standard Linux Server seperti Permission File dan Ownerships, DNS Server, SSH Server, FTP Server dan lain-lain. Pelatihan dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan berarti, mengingat Bapak Sandy sudah menguasai jaringan komputer berbasis Linux Server sebelumnya.

Baca Juga : Pelatihan BKPP Kabupaten Paser

Pada hari terakhir, diadakan simulasi untuk membangun server. Meliputi instalasi Linux Server Ubuntu, pembuatan SSH Server, DNS Server, Web Server, Database Server, FTP Server, File Server dan Mail Server. Pada dasarnya, simulasi diberikan untuk mengukur tingkat pemahaman peserta pelatihan dalam memahami materi pelatihan yang diberikan. Disamping, simulasi juga digunakan oleh Instruktur untuk menentukan score/nilai peserta pelatihan.

Setelah mengikuti pelatihan Linux Server Ubuntu, peserta diharapkan sudah mampu mengelola Server berbasis Linux baik untuk keperluan membangun server berbasi LAN atau pun WAN. (ocd)

Leave a Reply