Pelatihan GIS PT. Borneo Persada Jaya Mandiri Balikpapan

Yogyakarta – Pelatihan GIS | Pemanfaatan teknologi informasi, khususnya bidang digitalisasi pemetaan wilayah, berkembang dengan sangat cepat. Pembuatan peta wilayah yang dahulu dibuat secara manual, baik saat survey maupun pengolahan data, kini sudah dapat dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Dengan teknologi digital, survey wilayah dapat dilakukan dengan menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System) dan citra satelit. Dengan GPS dan citra satelit, pengumpulan data ruang menjadi lebih efisien dengan akurarasi yang tinggi. Dibidang pengelohan data geografis, penggunaan aplikasi GIS (Geographic Information System) seperti ArcGIS sudah bukan hal yang luar biasa lagi. Dengan software GIS, dalam hal ini ArcGIS, kita dapat membangun, menyimpan, mengelola dan menampilkan informasi bereferensi geografis, dalam sebuah database yang dapat ditampilkan dalam format data digital seperti peta digital.

Baca juga: Pelatihan GIS PT. Belantara Subur Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur

Pelatihan-gis-pt-borneo-persadaDalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan SDM khususnya dibidang pemetaan wilayah berbasis teknologi digital, PT. Borneo Persada Jaya Mandiri Balikpapan, Kalimantan Timur mengirimkan salah seorang staf, yaitu Bapak Ernest Yulian Wardhana, mengikuti pelatihan GIS di Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Pelatihan diselenggarakan dengan mengambil tempat di Graha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan Yogyakarta, selama 3 hari dari tanggal 5 – 7 Mei 2016, full day mulai dari jam 08.00 – 15.00 WIB.

Baca juga: Bapenda Kutai Barat Pelatihan GIS di Focus Techno Media Yogyakarta

Pelatihan GIS dilaksanakan dalam dua bagian, bagian pertama yaitu praktek pemanfaatan software ArcGIS di dalam membuat peta digital berdasarkan data-data yang sudah ada. Pada bagian ini, peserta dibimbing untuk dapat mengoperasikan software ArcGIS dalam pembuatan peta digital. pelatihan-gis-di-technophoria-yogyakartaBagaimana memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, meng-integrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis menjadi peta digital yang komprehensif. Pada bagian kedua, yaitu praktek GPS Tracking. Pada bagian ini, peserta diajak survey di lapangan ke lokasi tertentu, dalam hal ini Gedung Pasca Sarjana UGM, untuk mencari dan mengumpulkan data dengan cara survey di lapangan dengan menggunakan teknologi GPS. Selanjutnya data geografis yang diperoleh dari survey di lapangan, diolah dan diproses dengan software ArcGIS agar dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan peta digital.

Baca juga: Pelatihan GIS PT. PD. Hasjrat Tjipta Medan Sumatera Utara

Diharapkan dari praktek di kelas dan survey langsung di lapangan, peserta dapat mengerti dan memahami tahapan-tahapan dalam pemetaan wilayah yaitu proses dalam pembuatan peta digital. Nantinya pengetahuan yang diperoleh di pelatihan dapat diaplikasikan oleh peserta di dalam pembuatan peta wilayah berbasis teknologi digital. (Ocd)

Leave a Reply