AMRT Timor Leste Mengikuti Pelatihan Protokoler, Leadership dan Office Administration Advance

Sleman – Selama dua minggu yaitu dari tanggal 3 s.d. 15 Oktober 2016, 9 orang staf dari AMRT – Arquivo & Museu da Resistência Timorense Timor Leste mengikuti pelatihan “Protokoler, Leadership dan Office Administration Advance” yang diselenggarakan oleh Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Pelatihan bertempat di gedung Graha Focus Techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan Yogyakarta. Dari ke-9 peserta dibagi menjadi dua kelompok, yaitu 5 orang peserta mengikuti pelatihan “Protokoler” yang dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 3 s.d. 8 Oktober 2016, sisanya 4 orang peserta mengikuti pelatihan “Leaderships dan Office Administration Advance” yang dilaksanakan selama 10 hari kerja dari tanggal 3 s.d. 15 Oktober 2016.

pelatihan-keprotokolan-kehumasan-amrt-timor-leste

Baca juga: Bagian Humas Universitas Mulawarman Pelatihan Bidang Kehumasan dan Protokoler

Pelatihan “Protokoler” menitikberatkan pada kegiatan protokoler yang merupakan bagian penting yang perlu diperhatikan oleh instansi pemerintah dalam kegiatan kantor. Keberadaan protokol sangat dibutuhkan pada berbagai kegiatan seperti acara resmi/kenegaraan, pertemuan resmi, kunjungan kerja, audiensi dan penerimaan tamu ataupun acara perjamuan. Di samping itu, juga dalam kegiatan kantor lainnya seperti lokakarya, workshop, konferensi, Memorandum of Understanding (MoU), dan seminar. Kegiatan tersebut tidak lepas dari peran petugas protokoler. Sehingga dalam penyelenggaraannya perlu dikelola supaya acara berlangsung lancar dan sesuai dengan etika kantor.

pelatihan-leadership-amrt-timor-leste

Baca juga: Pelatihan Leadership Skills Untuk Secretariado Tecnico Pos CAVR Timor Leste

Pelatihan “Leadership” memfokuskan pada bagaimana membentuk dan mengembangkan serta mengasah dan meningkatkan kemampuan kepemimpinan seseorang. Kemampuan kempemimpinan adalah salah satu kunci penting kesuksesan pribadi dan bisnis seseorang. Karir seseorang yang memiliki kemampuan kepemimpinan kuat akan lebih cemerlang. Demikian juga dengan instansi yang memiliki pegawai dengan jiwa kepemimpinan yang unggul akan membawa instansi tersebut mencapai puncak kejayaan. Berbagai studi manajemen telah membuktikan bahwa kepemimpinan adalah kunci penting kesuksesan sebuah organisasi.

pelatihan-office-administration-amrt-timor-leste

Baca juga: CCFP Timor-Leste Pelatihan Office Administration, Human Resources, Accounting, Finance and Secretariat di Surabaya

Sementara untuk pelatihan “Office Administration Advance” menitikbertkan pada pengetahuan yang memadai dan terbaru mengenai administrasi perkantoran. Pengetahuan tersebut meliputi antara lain tentang pengelolaan informasi (mengumpulkan, mencatat, menggandakan, mendistribusikan, serta menyimpan data dan informasi) dan pelayanan tata usaha kantor (tata ruang kantor, pelayanan telepon, serta pelayanan tamu). Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta mampu meningkatkan profesionalitas kerja guna mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan kantor global yang penuh tuntutan. (Rcd)

Leave a Reply