Pengembangan Karakter SDM dan Pelatihan IT Diikuti AMRT Timor-Leste

Pengembangan Karakter SDM

AMRT (Arquivo & Museu da Resistência Timorense Timor-Leste) mengirimkan staf dan karyawannya untuk mengikuti pelatihan IT dan pengembangan karakter SDM. Kali ini AMRT mengirimkan 10 staf untuk mengikuti Pengembangan Karakter SDM 5 peserta dan Pelatihan IT 5 peserta. Pelatihan IT meliputi pelatihan program Multimedia-FotografiGIS dan CISCO Administrator.

Pelatihan dilaksanakan selama seminggu untuk pelatihan Multimedia-Fotografi dan Leadership. Sedangkan pelatihan Geographic Information System (GIS) dan CISCO Administrator dilaksanakan dilaksanakan selama dua minggu. Tempat pelatihan di gedung Grha FTM Yogyakarta.

pelatihan-leadership-amrt-timor-leste

Pelatihan Leadership menekankan pada bagaimana;

  1. Membentuk karakter pemimpin terbaik. Bagaimana mencetak seseorang menjadi pemimpin yang berwibawa, tegas, disegani, namun tetap bisa memotivasi dan mengayomi semua anak buahnya.
  2. Membentuk dan menerapkan visi dan misi sebuah institusi, baik institusi pemerintah maupun swasta. Pada materi leadership diajarkan mengenai bagaimana caranya membentuk visi misi yang jelas dan mengimplementasikannya pada institusi yang dipimpin.
  3. Membentuk pemimpin yang kreatif. Pemimpin diwajibkan memiliki kreatifitas dan kemampuan khusus yang bisa membawa institusi yang dipimpinnya ke arah yang benar. Kreatifitas seorang pemimpin sangat dibutuhkan saat institusi mengalami sebuah masalah.
  4. Menerapkan kode etik kepemimpinan.

Dalam sebuah kepemimpinan dibutuhkan kode etik tertentu agar tidak ditinggalkan oleh bawahannya. Kode etik ini diperlukan agar bisa menegakkan tugas kepemimpinan dengan baik.

pelatihan-fotography-di-technophoria-yogyakartaPelatihan Multimedia – Fotografi membekali peserta dengan kemampuan :

  1. Exposure dalam fotografi
  2. Konsep ISO
  3. Shutter speed
  4. Aperture dan depth of field
  5. Memahami stop dan segitiga exposure
  6. Setting dan fitur kamera DLSR
  7. Cara mengoperasikan dan merawat kamera
  8. Lensa fotografi
  9. Praktek pengambilan gambar
  10. Praktek pengambilan gambar indoor dan outdoor.

Diharapkan setelah selesai dari mengikuti pelatihan Multimedia – Fotografi, peserta mampu menghasilkan gambar atau foto dengan kualitas fotografer profesional.

Geographic Information System (GIS) adalah sistem informasi khusus yang mengelola data yang memiliki informasi spasial (bereferensi keruangan). Pelatihan GIS dimaksudkan agar peserta pelatihan dapat belajar dan menguasai prinsip-prinsip GIS dengan menggunakan software ArcGIS. Peserta pelatihan akan mempunyai kemampuan untuk membuat dan mengelola data spasial serta peta digital. Data spasial tersebut berguna dalam pengambilan berbagai keputusan. Keputusan yang diambil berdasar data contohnya seperti perencanaan proyek, pemetaan khususnya  dan pengelolaan sumber daya alam (SDA).

pelatihan-gis-di-technophoria-yogyakarta

Pelatihan CISCO Administrator bertujuan untuk membentuk tenaga profesional yang memahami konsep jaringan komputer. Selain itu juga mampu mendesain serta mengimplementasikan sistem jaringan komputer berskala enterprise terutama berbasis peralatan Cisco.  (Rcd)

Leave a Reply