Pelatihan Legislative Drafting Diikuti MCIA Timor-Leste

Pelatihan Legislative Drafting

Sleman – Dalam rangka meningkatkan kemampuan teknik dan keahlian dalam membuat peraturan perundang-undangan. MCIA Timor-Leste mengirimkan staf untuk mengikuti pelatihan Legislative Drafting di Focus Tehcno Media Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 14 November s.d. 18 November 2016 di  Grha Technophoria Yogyakarta Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Sleman, Yogyakarta.

Legislative Drafting adalah teknik dan keahlian dalam membuat peraturan perundang-undangan. Ilmu ini pada dasarnya tidak saja berguna bagi para pejabat Negara yang berwenang untuk membuat peraturan perundang-undangan baik di tingkat Pemerintahan Pusat maupun di tingkat Pemerintahan Daerah/Distrik, namun juga berguna bagi mereka yang berkepentingan untuk mengetahui proses lahirnya suatu peraturan perundang-undangan serta efek dari tingkatan suatu peraturan perundang-undangan dibanding dengan peraturan lainnya.

Pelatihan Legislative Drafting ini bertujuan untuk membekali peserta agar mampu memahami proses terbentuknya suatu peraturan perundangan-undangan, menyikapi benturan yang terjadi karena tumpang tindihnya peraturan yang satu dengan yang lain, dan memahami bagaimana cara membuat peraturan perundang-undangan yang lebih tepat agar dapat dilaksanakan dengan baik.

Materi pelatihan Legislative Drafting menitikberatkan pada bidang norma hukum peraturan perundang-undangan, jenis dan hirarki peraturan perundang-undangan, perancangan peraturan perundang-undangan dan pembangunan nasional, penulisan laporan penelitian untuk perancangan peraturan perundang-undangan (penulisan naskah akademis), format peraturan perundang-undangan dan penyusunan struktur pengaturan, penyusunan kalimat pengaturan, dan perancangan untuk perubahan dan pencabutan peraturan perundang-undangan. Sedangkan metode pelatihan dilaksanakan dalam bentuk presentasi tentang konsep penyusunan perundang-undangan, diskusi, latihan dan studi kasus. (Ocd)

Leave a Reply