Peserta Pelatihan GIS Analyst dari Kabupaten Kepulauan Mentawai

Pelatihan GIS Analyst

Pelatihan GIS Analyst Bappeda Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, diakhiri dengan refreshing dengan paket wisata ke Candi Borobudur. Candi kebanggan warga Magelang ini adalah salah satu destinasi wisata favorit bagi pelancong yang datang ke Yogyakarta. Baik wisatawan lokal maupun manca negara tempat ini tidak akan dilupakan. Terletak di kabupaten Magelang Jawa Tengah, kira-kira satu jam dari kota Yogyakarta menggunakan mobil pribadi maupun angkutan umum.

Candi terbesar didunia ini adalah cagar budaya warisan bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Candi Borobudur juga sudah ditetapkan oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia pada tahun 1991. Bahkan merupakan salah satu keajaiban dunia yang masih bisa kita lihat sampai sekarang.

peserta-pelatihan-mentawai

Peserta pelatihan dari Bappeda Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, nampak antusias mengikuti trip ke Candi yang menakjubkan ini. Bagi sebagian peserta pelatihan yang berjumlah 21 orang, mengunjungi bangunan batu bersejarah merupakan sesuatu yang baru karena pertama kalinya mengunjungi obyek wisata yang menakjubkan.

Candi Borobudur disebut sebagai salah satu mahakarya terbesar manusia sepanjang sejarah. Susunan balok vulkanik dan pahatan reliefnya merupakan sebuah karya seni yang tak tertandingi nilainya. Tak hanya bangunan candi yang menarik perhatian peserta pelatihan, namun juga pemandangan alam di sekitarnya. Di sebelah selatan candi terdapat Bukit Manoreh yang jika dilihat bentuknya menyerupai seseorang dalam posisi tidur. Pelatihan GIS Analyst Bappeda Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, diakhiri dengan refreshing dengan paket wisata ke Candi Borobudur.

Puas menikmati kemegahan Candi Borobudur dan keindahan pemandangan di sekitarnya, peserta pelatihan dari Bappeda Kepulauan Mentawai Sumatera Barat kembali ke Yogyakarta. Wajah mereka kelelahan karena harus berjalan mendaki bangunan candi yang cukup tinggi hingga ke stupa yang paling atas. Selesai istirahat dan makan siang, peserta kembali ke Yogyakarta dengan perut kenyang dan kepuasan bisa menikmati pemandangan hijaunya sawah di sepanjang perjalanan kembali ke Yogyakarta. Setelah perjalanan darat kira-kira 1,5 jam sampailah rombongan di hotel tempat mereka menginap, yaitu Malioboro Palace Hotel. (Rcd)

Leave a Reply