Pelatihan Administrator Jaringan Komputer Berbasis Windows

Sleman – Dishubkominfo Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah mengirimkan 2 orang staf untuk mengikuti pelatihan Administrator Jaringan Komputer Berbasis Windows di Focus Techno Media Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan dari tanggal 27 November s.d. 29 November 2016. Kegiatan  bertempat di Grha Focus Techno Media Yogyakarta Jl. Perumnas No. 83 Seturan Yogyakarta.

Pelatihan Administrator Jaringan Komputer Berbasis Windows dilaksanakan dengan metode presentasi, praktek langsung, latihan dan studi kasus. Pada materi presentasi, peserta dikenalkan dengan berbagai macam jenis dan tipe jaringan komputer, protokol jaringan komputer, pembuatan tipe kabel jaringan dan macam-macam Pengalamatan IP.

Peserta juga dibimbing langsung untuk praktek pembuatan kabel tipe stright dan crossover, pengalamatan IP. Kemudian dikenalkan berbagi sumber daya komputer seperti file, folder, printer dan internet. Demikian juga diberikan materi tentang keamanan jaringan komputer. Kemanan jaringan seperti bagaimana mengatur firewall, memberi password drive sharing, mengaktifkan anti virus dll. Demikian juga materi tentang maintenance dan monitoring jaringan komputer juga diberikan agar peserta kelak mampu mengelola jaringan komputer sendiri.

Pada pelatihan Administrator Jaringan Komputer Berbasis Windows ini, juga diberikan materi dasar tentang jaringan tanpa kabel (wireless). Bagaimana memasang dan meng-install perangkat jaringan wireless, seperti memasang dan meng-install driver kartu jaringan wireless (WLAN card). Dilanjutkan mengatur dan menghubungkan WLAN card dengan access point, berbagi sumber daya komputer dengan jaringan wireless, mengatur password, filtering dengan firewall, dll.

Diharapkan selesai mengikuti pelatihan Administrator Jaringan Komputer Berbasis Windows, peserta mampu membangun jaringan komputer berbasis kabel di kantor atau pun warnet. Demikian juga, peserta diharapkan mampu membangun jaringan hotspot di kantor atau pun  restoran, kedai dll. (Rcd)

Leave a Reply