Wisata Rafting Sungai Elo Borobudur Magelang – BPKAD Kab Seruyan

Magelang – Sebanyak 44 peserta mengikuti Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah di Focus Techno Media Yogyakarta. Peserta bimtek berasal Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Seruyan Kalimantan Tengah.  Sehabis bimtek mereka mengadakan wisata rafting atau arung jeram di sungai Elo Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Sebenarnya wisata rafting ini adalah bagian atau rangkain dari kegiatan yang sudah dijadwalkan oleh penyelenggara. Acara ini dilaksanakan  setelah mengikuti serangkaian acara pelatihan selama tiga hari di hotel Nueve Malioboro Yogyakarta.field-trip-rafting-technophoria-yogyakarta

Wisata Rafting Sungai Elo

Sungai Elo terletak sangat dekat dengan objek wisata Candi Mendut dan Candi Borobudur. Posisinya persis di desa Pare, Blondo kelurahan Mungkid, Magelang Jawa Tengah. Sungai Elo yang berhulu diantara Gunung Merbabu, Telomoyo dan Ungaran ini memiliki jeram-jeram tingkatan yang cukup aman. Walau tidak berbahaya namun cukup menantang dan menghibur untuk diarungi dan cocok bagi orang yang pertama kali iku rafting.

pelatihan-aset-kab-seruyanSetelah menempuh perjalanan darat sekitar 1,5 jam dari kota Yogyakarta, sampailah rombongan di lokasi wisata rafting sungai Elo. Rombongan disambut oleh operator rafting dari Citro Elo Rafting. Setelah semua persiapan selesai, rombongan dibawa menuju ke perahu karet yang sudah dipersiapkan. Masing-masing perahu diisi 4-5 orang dengan 1 orang pemandu dari Citra Elo Rafting. Peserta dibawa mengarungi sungai Elo selama 2.5 sampai 3 jam. Disepanjang perjalanan kita disuguhi pemandangan sungai Elo dengan pohon-pohon yang ada disekitarnya yang cukup menyejukkan mata.

peserta-rafting-dari-kab-seruyan

Beberapa peserta mencoba nyemplung ke air dan berenang mengikuti arus pada saat tidak melewati jeram. Kita juga berhenti sejenak di tengah perjalanan rafting di rest point untuk menikmati snack dan segarnya air kelapa muda. Sampai di garis finish dari wisata rafting ini, peserta juga disediakan hidangan makan siang secara prasmanan. Sungguh pengalaman yang luar biasa dan menantang mengikuti wisata rafting di sungai Elo, begitu kesan dari sebagian peserta yang mengikuti wisata arung jeram ini.

bukit-bintang-kab-seruyan

Malam Keakraban di Bukit Bintang

Selanjutnya pada malam harinya, peserta pelatihan Bimtek Pengelolaan Barang Milik Daerah dari DPPKAD Kabupaten Seruyan mengikuti acara Malam Keakraban dan Makan Malam yang diselenggarakan oleh Technophoria Yogyakarta. Dengan diiringi live musik organ tunggal, semua peserta bergembira dan berhappy ria seolah melupakan kalau pagi sampai sore hari tadi mereka baru saja mengikuti kegiatan petualangan yang menantang dan melelahkan yaitu arung jeram di sungai Elo. Semua bergembira, acara berjalan lancar dan sukses. Thank you for all. (Rcd)

Leave a Reply