Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Sabang Mengikuti Pelatihan GIS Dasar di Focus Techno Media Yogyakarta

Sleman – Sebanyak 4 orang staf dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Sabang, Nangroe Aceh Darussalam (NAD) mengikuti pelatihan GIS Dasar di Focus Techno Media Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari kerja dari tanggal 14 s.d. 16 Maret 2017, mulai pukul 08.00 s.d. 15.00 WIB. Bertempat di Grha Focus Techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan metode presentasi dan praktek di dalam kelas dan praktek survey lapangan dengan komposisi 30% teori dan 70% praktek.

Pada presentasi dan praktek di dalam kelas, peserta diberikan wawasan dan pemahaman  tentang arti pentingnya GIS bagi individu dan instansi. pelatihan-gisKarena dengan GIS peserta dapat memahami, mengerti, menginterpretasikan dan memvisualisasikan data geografi sehingga dapat mengetahui pola, hubungan dan tren dalam bentuk peta, tabel dan grafik serta laporan.Peserta juga dibimbing dalam praktek pembuatan peta digital dari proses awal hingga siap cetak menggunakan software GIS, dalam hal ini program ArcGIS.

Di hari ketiga pelatihan, peserta diajak ke komplek gedung Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk melakukan survey lapangan dengan memanfaatkan teknologi Global Positioning System (GPS). Peserta diajarkan bagaimana mengoperasikan GPS, melakukan pointing (waypoint), tracking dan routing area. Data hasil survey lapangan nantinya ditranfer ke software GIS menjadi data geografi, kemudian diolah dan diproses dengan program ArcGIS menjadi sebuah peta digital. (Rcd)

Leave a Reply