Pelatihan Pemetaan GIS | Pusat Pelatihan IT Yogyakarta

Sleman – PT. Belantara Subur Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur mengirimkan salah seorang staf, yaitu ibu Tri Yuli Suryaningsih untuk mengikuti pelatihan GIS di Focus Techno Media Yogyakarta. Pelatihan Gis Pemetaan, dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 6 s.d. 8 Maret 2017 bertempat di gedung Grha Focus Techno Media  Jl. Perumnas No. 83 Seturan Yogyakarta.

Pelatihan dilaksanakan dengan menggunakan metode presentasi di dalam kelas dan praktek mengolah data spasial. Pengolahan data spasial menjadi peta digital dengan software ArcGIS. Dalam pelatihan juga dilakukan praktek survey lapangan dengan memanfaatkan teknologi GPS dan diskusi atau studi kasus. Studi kasus ini untuk menemukan solusi  terhadap beberapa permasalahan yang muncul terkait dengan survey. Bagian pelatihan lainnya adalahpengolahan data spasial sampai pembuatan peta digital menggunakan software ArcGIS.

pelatihan-gis-jogja

Dengan mengikuti pelatihan GIS di Focus Techno Media Yogyakarta diharapkan peserta dapat menerapkan pengetahuan GIS yang diperoleh. Ilmu yang baru saja didapat harus diaplikasikan di lingkungan instansi/perusahaan tempat peserta bekerja. Manfaat yang diperoleh peserta diantaranya adalah penanganan dan pengelolaan data geospasial menjadi lebih baik. Bisa pula memudahkan revisi dan pemutakhiran data. Dengan pengetahuan ini menjadikan data geospasial dan informasi lebih mudah diakses, dianalisis dan direpresentasikan. Penggunaan GIS menjadikan produktivitas meningkat dan lebih efisien, menghemat waktu dan biaya serta keputusan yang diambil menjadi lebih baik, akurat dan tepat guna.

Pelatihan berlangsung dengan baik dan lancar dan memberi kepuasan bagi peserta. Beberapa kasus dan permasalahan yang ada dalam tugas-tugasnya dikantor dengan yakin akan bisa diatasi dengan wawasan yang baru ini. Hasil ini tidak lepas dari usaha identifikasi masalah yang baik dan pemilihan materi pelatihan yang tepat. (Rcd)

Leave a Reply