STMIK Palangkaraya Pelatihan Interaktif Berbasis Android di Focus Techno Media Yogyakarta

Pelatihan Interaktif Berbasis Android

Sleman – Dalam rangka menambah wawasan, pemahaman sekaligus praktek aplikatif tentang media pembelajaran interaktif berbasis Android. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Palangkaraya mengirimkan dua orang staf untuk mengikuti pelatihan Interaktif Berbasis Android di Focus Techno Media Yogyakarta. Pelatihan yang menekankan pada pembuatan media pembelajaran interaktif yang dapat diakses dari komputer dan smartphone berbasis Android. Android adalah salah satu sistem operasi handphone atau smartphone yang paling banyak dipakai oleh berbagai merk smartphone, dari pabrikan kelas bawah sampai kelas premium. Bahkan berdasarkan penelitian baru yang dirilis oleh Nielsen pada kuartal ketiga 2015 mengatakan bahwa 52,6 persen pemilik smartphone di Amerika menggunakan sistem operasi Android mengalahkan pengguna iOS yang hanya 42,7 persen. (https://www.merdeka.com)

pembelajaran-interaktif-berbasis-android

Pelatihan Interaktif Berbasis Android memprioritaskan materi tentang bagaimana membuat media pembelajaran interaktif yang menarik menggunakan program Adobe Flash Professional. Peserta diberi pengenalan dan pemahaman dengan praktek secara langsung mengenai: apa itu animasi; cara menggambar bentuk dasar, menggunakan warna dan mengimpor gambar; membuat animasi objek bergerak; membuat animasi teks berubah warna; membuat animasi dengan masking dan path; memberi suara pada animasi; membuat tombol kontrol (play dan stop) untuk animasi; membuat animasi sebuah proses, seperti metamorfosis kupu-kupu; mempublish dan mengekspor file. Hasil pembuatan media pembelajaran interaktif ini, untuk selanjutnya diunggah di Google Play Store agar dapat diunduh dan dijalankan oleh pengguna smartphone di seluruh dunia. Atau bisa juga diinstall dan dijalankan langsung dari smartphone tanpa harus mengunduh dari Google Play Store.

Pelatihan ini dilaksanakan selama tiga hari kerja dari tanggal 17-19 April 2017, mulai dari jam 08:00–15:00 WIB, bertempat di gedung Graha Focus Techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan Yogyakarta. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan Interaktif Berbasis Android, peserta dari STMIK Palangkaraya dapat membuat media pembelajaran interaktif berbasis Android dan mengaplikasikannya di lingkungan kerja mereka. (Rcd)

Leave a Reply