Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Puncak Jaya Pelatihan Videografi dan Fotografi

Sleman – Dalam rangka meningkatkan dan mengembangan kemampuan staf Bagian Humas dan Protokoler Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Puncak Jaya Propinsi Papua mengambil pelatihan videografi dan fotografi. Setda Kabupaten Puncak Jaya mengirimkan dua orang staf untuk mengikuti pelatihan Videografi dan Fotografi di Focus Techno Media Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 19 Juni s.d. 21 Juni 2017. Pelaksanaan pelatihan bertempat di gedung Grha Focus Jl. Perumnas No. 83 Seturan Yogyakarta.

Pelatihan menggunakan metode 30% teori di dalam kelas dan 70% praktek lapangan. Lebih banyak pengolahan atau penyuntingan data digital foto dan video di dalam laboratorium multimedia. Teori di dalam kelas dengan presentasi, diskusi dan problem solving. Praktek lapangan dengan mengajak peserta ke lokasi tertentu yang memungkinkan peserta memperoleh view atau landscape untuk pemotretan dan pengambilan video. Untuk mendukung pengambilan gambar yang bagus diambil tempat wisata Taman Sari Keraton Yogyakarta. Di tempat ini, peserta dibimbing dan diarahkan untuk pengambilan gambar dan video yang baik dan benar. Sehingga dapat menghasilkan data foto dan video digital yang bagus. Ketika diolah atau diproses dengan software grafis seperti Adobe Photoshop dan Adobe Premiere Pro hasilnya real dan natural.

pelatihan-videografi

Hasil pemotretan dan pengambilan video, selanjutnya diproses dan diolah menggunakan software Adode Photoshop untuk data berupa foto dan Adobe Premier Pro untuk data berupa Video dengan tambahan animasi untuk menghasilkan video yang lebih menarik dan interaktif. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan Videografi dan Fotografi di Focus Techno Media Yogyakarta, peserta dari Bagian Humas dan Protokoler Setda Kabupaten Puncak Jaya Papua dapat membuat dokumentasi kegiatan-kegiatan yang diadakan di lingkungan Sekretariat Daerah Kabupaten Puncak Jaya khususnya dan umumnya kegiatan resmi pemerintah daerah Kabupaten Puncak Jaya Papua, baik dalam bentuk foto maupun video digital. (Rcd)

Leave a Reply