Pelatihan Drone untuk Pemetaan Wilayah | UPJSDME Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Selatan di Focus Techno Media Yogyakarta

Pelatihan Drone untuk Pemetaan Wilayah – Unit Pelayanan Jasa Sumber Daya Mineral dan Energi (UPJSDME) Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Selatan mengirimkan tiga orang staf untuk mengikuti pelatihan “Drone untuk Pemetaan Wilayah” di Focus Techno Media Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan selama tiga hari kerja, dari tanggal 19 Juli s.d. 21 Juli 2017, full day mulai jam 08.00 WIB s.d. 15.00 WIB bertempat di gedung Graha Focus Techno Media,  Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Pelatihan dilaksanakan dengan metode presentasi di dalam kelas, yaitu pemaparan dan penjelasan tentang cara pengoperasian software GIS, dalam hal ini ArcGIS dan pengoperasian drone. Dilanjutkan dengan praktek lapangan mengoperasikan Drone sebagai sarana mendapatkan data spasial untuk nantinya diolah dengan software ArcGIS menjadi sebuah peta digital yang komprehensif. Pada prakteknya tidak mudah mengoperasikan dan mengendalikan Drone di udara, butuh kesabaran dan kejelian pengamatan.

pengolahan-data-argis

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan “Drone untuk Pemetaan Wilayah”, peserta dari UPJSDME Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi Kalimantan Selatan mampu mengoperasikan Drone sebagai sarana memperoleh data spasial langsung dari hasil pemotretan udara dengan menggunakan Drone. Selanjutnya data hasil pemotretan udara tersebut diolah dengan aplikasi ArcGIS menjadi peta digital yang komprehensif dan informatif.

ArcGIS merupakan sofware pemetaan yang sering digunakan untuk memudahkan banyak pemakai dalam hal pengerjaan bidang yang luas.  Titik koordinat sangat penting sekali dalam memberikan data dalam menentukan letak dimana jarak dengan ukuran sebenarnya. sebagai gambaran di sebuah komputer dengan gambar asli nya banyak sekali kelebihan yang dimiliki oleh ArcGIS. (Rcd)

Leave a Reply