Kementerian Pertahanan (Ministério da Defesa) Timor Leste Pelatihan IT di FTM Yogyakarta

pelatihan it kementerian pertahanan tinor leste

Yogyakarta – Ministério da Defesa de Timor Leste atau Kementerian Pertahanan Timor Leste mengirimkan tiga orang staf bagian IT untuk mengikuti pelatihan bidang IT di Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Ketiga orang staf bagian IT tersebut mengikuti pelatihan dengan materi “Informatics, Hardware, Software dan Networking”. Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober s.d. 27 Oktober 2017 bertempat di gedung Grha Focus Techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan Yogyakarta, dari jam 08.00 s.d. 16.00 WIB.

Materi Informatics (informatika) lebih menekankan pada pengetahuan dan pemahaman tentang perkembangan dan kemajuan teknologi informasi dibidang komputer dewasa ini, mengingat luasnya pembahasan tentang disiplin ilmu informatika (informatics). Perkembangan dan kemajuan teknologi informasi, khususnya bidang komputer ditandai dengan pesatnya kemajuan dibidang hardware, software dan network komputer. Materi Hardware (perangkat keras) menitikberatkan pada bagaimana peserta mengenal perangkat  komputer keras komputer baik perangkat keras untuk komputer PC maupun Laptop. Selanjutnya peserta dibimbing agar mampu dan menguasai proses perakitan komputer serta mengatasi permasalahan yang muncul pada hardware komputer (trouble shooting).

Baca juga: SECOMS Timor-Leste Merencanakan Pelatihan IT dan SDM

Sementara pada materi Software (perangkat lunak), peserta dibimbing cara memasang (install) sistem operasi Windows dan Linux di perangkat komputer PC. Juga, cara memasang dan/atau menambahkan aplikasi-aplikasi semisal Microsoft Office, CorelDraw!, 3ds max dll. di komputer PC termasuk mengatasi permasalahan-permasalahan software komputer yang sudah terpasang. Sedangkan pada materi Networking (jaringan komputer), peserta diajarkan cara melakukan pengaturan jaringan komputer berbasis kabel (wire) dan nir kabel (wireless) baik jaringan komputer berbasis intranet (LAN) maupun internet (WAN).

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan “Informatics, Hardware, Software dan Networking” peserta mampu mengatasi permasalahan yang timbul, khususnya permasalahan yang berkaitan dengan hardware dan software komputer yang digunakan di kantor masing-masing. Demikian juga, peserta mampu membangun jaringan komputer berbasis kabel dan nir kabel di tempat kerja masing-masing, baik untuk koneksi atau transfer data lokal (LAN) maupun internet (WAN) serta mampu mengatasi permasalahan jaringan komputer yang timbul. (Ocd)

Leave a Reply