Pelatihan GIS PT. PD. Hasjrat Tjipta Medan Sumatera Utara

pelatihan GIS untuk pemetaan

Yogyakarta – PT. PD. Hasjrat Tjipta Medan mengirimkan 2 orang staf bagian IT untuk mengikuti pelatihan GIS (Geographic information system) di Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan selama 5 hari dari tanggal 10 Oktober s.d. 14 Oktober 2017. Kegiatan bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Geographic Information System (GIS) adalah pengolahan data geografis atau keruangan yang bisa dikelola menjadi informasi data yang dibutuhkan. GIS mengintegrasikan operasi pengolahan data berbasis database. Contihnya pengambilan data berdasarkan kebutuhan serta analisis statistik menggunakan visualisasi melalui analisis geografis.

GIS banyak dimanfaatkan dalam bidang pembangunan, pertanian, kesehatan, sosial, kebencanaan, pertanian dan dalam bidang pembangunan lainnya. Selain dalam hal pemetaan, GIS juga mempunyai peran penting dalam membantu mengidentifikasi sumber daya alam. Selain itu GIS juga untuk pengelolaan pasca bencana hingga penentuan kebijakan dalam hal pembangunan.

Baca juga: Pelatihan GIS Open Source BP4D Kabupaten Mahakan Ulu Kalimantan Timur di Focus Techno Media Yogyakarta

Pelatihan GIS PT. PD. Hasjrat Tjipta Medan lebih menitikberatkan pada cara pembuatan peta wilayah perkebunan berdasarkan data primer yang diperoleh langsung dari survey lapangan menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System). Dengan survey lapangan sendiri diharapkan data keruangan yang diperoleh menjadi lebih cermat dan akurat karena detail wilayah lebih diketahui dibanding memenfaatkan jasa dari pihak luar. Dari data spasial hasil survey lapangan sendiri ini, dimungkinkan dapat diperoleh peta digital dengan akurasi dan presisi yang tinggi.

Pelatihan ini juga, diharapkan dapat membantu memberikan solusi dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang ada dan dapat dengan mudah mengetahui lokasi maupun perseberan sumber daya. Sebagai salah satu alat bantu yang efektif dan efisien, GIS juga dapat membantu dalam perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan dibidang Perkebunan. (Rcd)

Leave a Reply