BKPP Kabupaten Paser Pelatihan Linux Server di Focus Techno Media Yogyakarta

Yogyakarta – Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Paser Kalimantan Timur mengikuti pelatihan Linux Server CentOS di Focus Techno Media Yogyakarta. Kantor BKPP mengirimkan 8 peserta langsung dan semuanya diharapkan saling mendukung dalam pelatihan. Pelatihan dilaksanakan dari tanggal 15 November s.d. 16 November 2017 full day dari jam 08.00 s.d. 16.00 WIB. Pelatihan bertempat di gedung Graha Focus Techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Pelatihan Linux Server CentOS dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan wawasan serta pemahaman kepada pegawai dan staf BKPP Kabupaten Paser tentang server. Kegiatan ini khususnya mempelajari pengelolaan server dengan sistem operasi Linux distro CentOS.

CentOS dipilih karena CentOS memiliki beberapa keunggulan jika diaplikasikan sebagai server. Diantaranya CentOS sangat kompatibel dengan Red Hat, CentOS juga merupakan sistem operasi freeware yang sangat handal untuk skala enterpise. CentOS juga adalah satu-satunya sistem operasi freeware yang didukung resmi oleh Cpanel, dan CentOS sangat kompatibel dengan RHEL.

Pelatihan dilaksanakan dengan metode learning by doing dengan peserta lebih banyak melakukan praktek langsung di depan komputer bagaimana mengelola sebuah server, mulai dari tahap awal instalasi CentOS sampai dengan konfigurasi CentOS menjadi server yang handal,nyaman dan aman dioperasikan. Diharapkan setelah selesai pelatihan, peserta mampu membangun dan mengelola server dengan sistem operasi Linux CentOS untuk berbagai fungsi server seperti web hosting, database, email, berbagi data, dll. baik untuk keperluan jaringan lokal kantor (LAN) maupun yang lebih luas lagi, yaitu jaringan internet (WAN). (Ocd)

Leave a Reply