Pelatihan Windows Server untuk Serviço de Migração de Timor-Leste

Pelatihan windows server

Sleman – Empat orang staf bagian IT Serviço de Migração de Timor-Leste atau Imigrasi Timor-Leste mengikuti pelatihan Windows Server di Focus Techno Media Yogyakarta. Program peningkatan kapasitas bagi ke-4 staf Imigrasi Timor-Leste tesebut dilaksanakan pada tanggal 16 November s.d. 20 November 2017. Pelaksanaan bertempat di gedung Grha Focus Jl. Perumnas No. 83 Seturan Yogyakarta, mulai pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB.

Pelatihan software kali ini menggunakan Windows Server 2012 R2 dengan memfokuskan pada pembuatan web server. Sedangkan untuk aplikasi berbasis web dan file server untuk penyimpanan data, sehingga materi yang disampaikan adalah materi yang berkaitan dengan fokus pelatihan diminati.

Diantara materi yang disampaikan adalah instalasi dan konfigurasi active directory, instalasi dan konfigurasi DNS, instalasi dan konfigurasi internet information service (IIS), konfigurasi local storage, file and print service dll. Mengingat materi pelatihan yang sedikit memerlukan perhatian extra, metode pengajaran juga dilakukan dengan sederhana. Pelatihan disampikan dengan langsung mempraktekan semua teori yang disampaikan. Penyampainnyapun harus dilakukan secara bertahap dan berurutan.

Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dari staf Imigrasi Timor-Leste mampu mengimplentasikan Windows Server 2012 R2 sebagai web server untuk aplikasi berbasis web yang sudah ada di kantor Imigrasi Timor-Leste dan menjadikan Windows Server 2012 R2 sebagai file server untuk menyimpan data dari staf kantor Imigrasi Timor-Leste. Baik server tersebut untuk digunakan dalam jaringan local (LAN) maupun jaringan yang lebih luas, yaitu internet (WAN). (Rcd)

Leave a Reply