Pelatihan Manajemen Perpustakaan Direktorat Perpustakaan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Timor-Leste

Yogyakarta – Direktorat Perpustakaan Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Timor-Leste atau Dirección Nacional de Bibliotecas Ministério da Educação e Cultura de Timor-Leste bekerjasama dengan Focus Techno Media Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan bidang kepustakaan. Pelatihan ini untuk pegawai dan staf Direktorat Perpustakaan Nasional Timor-Leste dengan kegiatan“Pelatihan Manajemen Perpustakaan”.

Pelatihan Manajemen Perpustakaan dilaksanakan pada tanggal 27 November s.d. 1 Desember 2017. Dilaksanakan bertempat di gedung Grha Technophoria Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta. Pelatihan diikuti oleh 11 orang pegawai dan staf di lingkungan Direktorat Perpustakaan Nasional Timor-Leste.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, wawasan dan pemahaman serta keterampilan peserta. Acara ini mempunyai arti penting dalam mengelola perpustakaan secara profesional dan modern dengan memanfaatkan teknologi modern. Perpustakaan sebagai center of information resource excellence harus mampu mengembangkan diri. Upaya ini agar memberikan yang terbaik kepada lembaga induknya maupun users pada umumnya.

Materi pelatihan “Manajemen Perpustakaan” ini, mencakup di dalamnya manajemen pengembangan bahan pustaka, manajemen pengolahan, sistim informasi manajemen, manajemen pelestarian bahan pustaka, manajemen layanan prima perpustakaan, manajemen promosi perpustakaan,rencana pengembangan program perpustakaan, studi banding, diskusi kasus dan evaluasi.

Peserta pelatihan juga, melakukan praktek dan kunjungan lapangan ke perpustakaan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta dalam rangka studi banding dan berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang pengelolaan perpustakaan secara profesional dan modern, sehingga diharapkan peserta dapat memperoleh ilmu dan meningkatkan keterampilan dalam mengelola perpustakaan. (Ocd)

Leave a Reply