Pelatihan Public Speaking – Yayasan Griya Mandiri (YGM) Yogyakarta

Pelatihan Public Speaking

Sleman – Sebanyak 6 orang staf dan karyawan Yayasan Griya Mandiri (YGM) Yogyakarta mengikuti pelatihan “Public Speaking” yang diselenggarakan oleh Focus Techno Media Yogyakarta. Pelatihan “Public Speaking” dilaksanakan pada tanggal 9 Januari 2018, bertempat di gedung Graha Focus Techno Media Jl. Perumnas No. 83 Seturan Yogyakarta. Pelatihan diisi oleh pemateri master Hasan Abdullah Al-Kaff, S.H., S.Pd., pemateri senior dalam bidang public speaking, teknik presentasi dan hypnotherapy.

Public speaking secara sederhana dapat diartikan sebagai kemampuan berbicara di hadapan umum. Namun perlu dipahami, pengertian public speaking tidak sesederhana yang banyak dimengerti orang. Istilah kemampuan memiliki banyak makna, karena kemampuan berbicara di muka umum itu mencakup berbagai aspek. Maksudnya bukan hanya sekedar berbicara, namun lebih dari itu mampu mempengaruhi dan mendorong pikiran orang lain kearah yang ditetapkan.

Dalam buku “The Power of Public Speaking” karangan Charles Bonar Sirait, public speaking diartikan sebagai rangkaian cara berpikir dan pengumpulan seluruh talenta manusia atas pengalaman masa lalu, masa sekarang dan masa yang akan datang kemudian dipadukan dengan etika, pola berperilaku, ilmu pengetahuan, teknologi, budaya, analisa keadaan dan faktor lainnya, kemudian dikemas dalam bentuk kalimat atau ucapan yang mengandung makna strategi komunikasi dibaliknya untuk mencapai sebuah tujuan.

Setelah mengikuti pelatihan “Public Speaking” ini, diharapkan peserta dari Yayasan Griya Mandiri (YGM) Yogyakarta kapasitas dan kapabilitasnya meningkat. Merka tidak lagi ada rasa sungkan, malu atau takut tetapi percaya diri dalam mengemukakan pendapat di muka umum.  Hal lain yang juga diharapkan meningkat adalah terbiasa berpikir kritis dan mengungkapkan secara sistematis terstruktur. Dengan kemampuan ini para peserta pelatihan memiliki kesempatan yang lebih besar dalam mengungkapkan nakat dan kemampuan lain. Ini artinya juga meningkatkan peluang dalang yang lebih besar dalam meraih kesuksesan. Untuk lembaga atau perusahaan tempat bekerja juga membuka peluang untuk meningkatkan kapasitas dan memperluas produksinya apapun bentuknya. (Ocd)

Leave a Reply