Pelatihan PHP & MySQL Setda Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Pelatihan PHP & MySQL

Sleman – Tiga orang pegawai/staf Bagian Layanan Pengadaan Barang Dan Jasa (LPSE) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Bantul, mengikuti pelatihan PHP & MySQL yang diselenggarakan Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan intensif selama 3 hari full day, dari tanggal 26 april s.d. 28 April 2018 bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Bahasa pemrograman PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman script yang banyak dipakai oleh programmer di dunia, baik digunakan dalam pembuatan website dinamis maupun pengembangan aplikasi/software berbasis website. Hal ini terjadi, karena kemudahan bahasa pemrograman PHP dalam pemakaian dan pengembangannya, mengingat sifat bahasa pemrograman PHP yang terbuka (open source).

Baca juga: Membangun Aplikasi SKPP (Surat Keterangan Penghentian Pembayaran) Menggunakan PHP & MySQL

Sedangkan, MySQL adalah salah satu software DBMS terbuka (open source) yang banyak digunakan saat ini, terutama untuk melakukan manajemen dan juga pengolahan database dalam skala kecil sampai menengah. Disamping, beberapa kelebihan MySQL lainnya seperti fitur keamanan yang relatif baik, sifatnya yang multi-user, struktur tabel yang lebih fleksibel, dan terutama MySQL dapat diintegrasikan dengan berbagai bahasa pemrograman, dll.

Pelatihan PHP & MySQL kali ini lebih difokuskan pada pembuatan aplikasi berbasis website. Meskipun demikian, peserta juga diajari dan dibimbing step by step dalam proses pembuatan website dinamis menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Sehingga nantinya, setelah selesai mengikuti pelatihan ini, peserta memiliki kemampuan tidak hanya dalam pembuatan aplikasi berbasis website tetapi juga kemampuan yang memadai dalam pembuatan dan pengelolaan website dinamis berbasis PHP & MySQL. (Rcd)

Leave a Reply