Bimtek Peningkatan Kapasitas Satpol PP Provinsi DIY

bimtek peningkatan kapasitas satpol PP

Yogyakarta – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerjasama dengan Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas bagi anggota Satpol PP Provinsi DIY. Bimtek dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 24 Oktober s.d. 26 Oktober 2018, diikuti oleh 50 personil anggota Satpol PP DIY dan dibuka oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi DIY.

Bimtek peningkatan kapasitas Satpol PP dibagi menjadi dua kegiatan yaitu kegiatan di dalam ruangan (indoor) dan di luar ruangan (outdoor). Kegiatan indoor dilaksanakan selama dua hari, yaitu di hari pertama kegiatan Bimtek dipusatkan di Hotel Kalya Gedong Kuning No. 118 Rejowinangun, Di hari kedua, kegiatan Bimtek dipusatkan di Ngesti Laras Hotel Jl. Pramuka No. 11 Kaliurang, Yogyakarta. Kegiatan outdoor dilaksanakan di hari ketiga Bimtek yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Karang Pramuka Kaliurang.

Baca juga: Bimtek Motivasi Kerja Satpol PP Provinsi DIY

Nara sumber dalam Bimtek peningkatan kapasitas Satpol PP ini, didatangkan dari beberapa instansi terkait di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi DIY. Di hari pertama Bimtek, nara sumber berasal dari instansi BKD DIY, Setda DIY, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan & Aset (DPPKA), Biro Hukum dan Kasat Pol PP DIY. Sedangkan di hari kedua Bimtek, nara sumber berasal instansi BKD DIY, POLDA DIY dan Kabid Penegakan Satpol PP DIY.Malam harinya diadakan diadakan Malam Dinamika Kelompok berupa malam keakraban, api unggun dan entertainment di Bumi Perkemahan Karang Pramuka.

Baca juga: Diklat Komputer Administrasi Perkantoran diikuti oleh Satpol PP Provinsi DIY

Pada hari terakhir Bimtek kegiatan dipusatkan di Bumi Perkemahan Karang Pramuka. Diawali dengan senam pagi, dilanjutkan dengan materi praktek lapangan terkait dengan tupoksi Satpol PP. Nara sumber berasal dari Akademisi, Dinas Kesehatan DIY dan Korps Brigade Mobil (Brimob) Polda DIY. Di akhir kegiatan Bimtek, dilaksanakan upacara penutupan yang dipimpin langsung oleh Kasat Pol PP DIY, Drs. Noviar Rahmad, M.Si.

Dalam amanatnya Kasat Pol PP DIY berharap, dengan adanya Bimtek Peningkatan Kapasitas Satpol PP dapat mewujudkan sikap profesionalitas, humanis, kompeten dalam penegakkan perda, perkada, menjaga ketentraman dan ketertiban serta perlindungan masyarakat bagi anggota Satpol PP sesuai dengan tujuan dari diadakannya Bimtek. (Ocd)

Leave a Reply