Dinas PUPR Kab. Konawe Utara Pelatihan Pemetaan Berbasis Drone

pelatihan pemetaan berbasis drone

Yogyakarta – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan keterampilan pegawai dibidang pemetaan, khususnya yang berbasis Drone. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kab. Konawe Utara, Sulawesi Tenggara mengirimkan dua orang pegawai ke Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta untuk mengikuti pelatihan bidang data spasial dengan mengambil kekhususan bidang Pemetaan Berbasis Drone.

Pelatihan pemetaan  berbasis Drone dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 8 Oktober s.d. 10 Oktober 2018, bertempat di gedung Grha Focus Techno Media (FTM) Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta. Hari pertama pelatihan peserta belajar tentang konsep data spasial, kaitannya dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan pembuatan peta digital. Peserta belajar membuat peta digital dengan memanfaatkan data yang sudah ada dengan menggunakan salah satu aplikasi SIG populer, yaitu ArcGIS.

Baca juga: Bimtek Pemetaan Menggunakan Drone Berbasis ArcGIS Dinas PUPR Kab. Dogiyai, Papua

Hari kedua pelatihan peserta belajar mengoperasikan Drone, menjadikan peserta sebagai pilot Drone yang baik sehingga mampu menerbangkan Drone dengan level safety yang tinggi. Untuk praktek pilot Drone, peserta difasilitasi menerbangkan Drone di seputar komplek gedung kantor Technophoria sekaligus praktek pengambilan data (spasial) untuk nantinya diolah dengan aplikasi SIG.

Di hari ketiga pelatihan, peserta praktek input data spasial yang diperoleh dari Drone (hari ke-2) dan diproses menggunakan aplikasi ArcGIS. Dari olah data spasial tersebut, dihasilkan peta digital yang komunikatif dan informatif bagi orang awam sekalipun. Dari pelatihan ini, diharapkan peserta tidak hanya mahir dalam mengoperasikan Drone. Namun juga, mampu mengolah data spasial menjadi peta digital dengan aplikasi SIG khususnya ArcGIS. (Rcd)

Leave a Reply