Dinas PUPR Kalteng Pelatihan CTB, CTRB, Rigid dan Pemetaan Berbasis ArcGIS

Pelatihan CTB, CTRB, Rigid dan Pemetaan Berbasis ArcGIS

Yogyakarta – Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Kalimantan Tengah bekerjasama dengan Focus Techno Media (FTM) Yogyakarta menyelenggarakan pelatihan dengan tema “Pelatihan CTB, CTRB, Rigid dan Pemetaan Berbasis ArcGIS” yang diikuti oleh 50 orang peserta, terdiri dari staf Dinas PUPR Prov. Kalteng, rekanan dan stake holder. Pelatihan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 28 September s.d. 29 September 2018 bertempat di Meeting Room Griya Jogja Hotel Yogyakarta.Hari pertama pelatihan materi tentang Cement Treated Base (CTB), Cement Treated Recycling Base (CTRB) dan disampaikan oleh dua orang nara sumber yaitu Bapak Bambang S, Konsultan Pengawas PU Bina Marga Provinsi DIY dan Bapak Luky Handoko, dosen Fak. Teknik Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY). Pada sesi ini, nara sumber lebih banyak mengajak kepada peserta pelatihan untuk berdialog dan berdiskusi tentang kondisi riil di lapangan, tentang permasalahan yang terjadi dan mungkin terjadi di lapangan dengan disertai solusi terhadap permasalahan yang muncul di lapangan tersebut.

Baca juga: Diklat Analisa Standar Belanja dan Kepegawaian Dinas PUPR Kabupaten Seruyan

Di hari kedua pelatihan, menghadirkan dua orang nara sumber yaitu Bapak Cahyo yang menyampaikan materi tentang cara menjalankan Drone untuk tujuan pemetaan suatu wilayah. Sedangkan nara sumber kedua, yaitu Bapak Arifin menyampaikan materi tentang pembuatan peta digital dengan bantuan aplikasi Geographic Information System (GIS), ArcGIS. Juga cara mengolah (process) data spasial yang diperoleh menggunakan Drone dengan program ArcGIS.

Di akhir Pelatihan CTB, CTRB, Rigid dan Pemetaan Berbasis ArcGIS , peserta didampingi panitia dari FTM Yogyakarta melakukan praktik studi lapangan di kawasan Gunung Merapi, Sleman, Yogyakarta sekaligus mengadakan wisata lava tour mengunjungi tempat-tempat bersejarah di sekitar Gunung Merapi dengan naik jeeps. (Rcd)

Leave a Reply