Bimtek Aplikasi SIMRS GOS RSUD Yowari Sentani Kabupaten Jayapura

Bimtek Aplikasi SIMRS GOS

Sleman – Bimtek Aplikasi SIMRS GOS RSUD Yowari Sentani Kabupaten Jayapura dilaksanakan dengan difasilitasi Focus Techno Media Yogyakarta. Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Generic Open Source (SIMRS GOS) adalah sistem yang diinisiasi oleh Ditjen BUK (Dirjen Bina Upaya Kesehatan) Kemenkes RI. SIMRS GOS merupakan sistem informasi yang terintegrasi untuk menangani keseluruhan proses manajemen Rumah Sakit. Proses yang ditangani mulai dari pelayanan diagnosa dan tindakan untuk pasien, medical record, apotek, gudang farmasi, penagihan, database personalia. Belum selalesai sampai disitu SIMRS GOS juga menangani penggajian karyawan, proses akuntansi sampai dengan pengendalian oleh manajemen.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman serta keterampilan pegawai dan staf bagian IT, manajemen RSUD Yowari Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua menugaskan dua orang staf bagian IT untuk mengikuti Bimtek Aplikasi SIMRS GOS di FTM Yogyakarta. Bimtek dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 12 November s.d. 14 November 2018 bertempat di gedung Grha Focus Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Penyampaian materi Bimtek Aplikasi SIMRS GOS lebih menekankan kepada aspek modifikasi dan pengembangan sistem tersebut agar sesuai dengan kondisi rumah sakit. Tentu saja yang dimaksud adalah  RSUD Yowari Sentani, Kabupaten Jayapura. Sedangkan target terdekat dari Bimtek SIMRS GOS adalah implentasi aplikasi tersebut di RSUD Yowari Sentani, Kabupaten Jayapura secepatnya. Mengingat kebutuhan akan aplikasi SIMRS sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi rumah sakit dalam rangka meningkatkan efisiensi dan kinerja rumah sakit.

Sebagai catatan aplikasi SIMRS GOS dibuat menggunakan bahasa pemrograman yang sangat umum digunakan, yaitu PHP dan  MySQL. Aplikasi SIMRS GOS juga bersifat open source, artinya rumah sakit dapat melakukan modifikasi dan mengembangkan SIMRS GOS sesuai dengan kebutuhannya. (Ocd)

Leave a Reply