Diklat Pembuatan Peta Digital Berbasis Drone Dinas PUPR Kabupaten Kaimana

Sleman – Pada tanggal 21 November s.d. 23 November 2018 di gedung Grha Focus Techno Media Yogyakarta telah dilaksanakan bimtek dan diklat Pembuatan Peta Digital Berbasis Drone. Diklat diikuti oleh 10 orang peserta yang berasal dari pegawai dan staf di lingkungan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemkab Kaimana. Diklat dibuka oleh Ibu Agustina Lydia Fenetiruma mewakili Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kaimana.

Hari pertama Diklat, peserta belajar tentang konsep  Sistem Informasi Geografis (SIG) dan salah satu software SIG untuk mempermudah dalam hal pembuatan peta digital yaitu ArcGIS. Selanjutnya dari aplikasi ArcGIS peserta belajar tentang ArcMap, ArcCatalog, Retifikasi, Membuat Data Spasial. Materi juga termasuk Mengedit Data Vektor, Menampilkan Data Spasial, Query Data, Layout dan Pencetakan Data, serta Mengenal Sumber Data pada ArcGIS. Peserta juga belajar bagaimana memanfaatkan aplikasi Google Map untuk pembuata peta digital.

Di hari berikutnya, peserta belajar untuk menjadi pilot Drone yaitu bagaimana cara menerbangkan Drone dengan aman. Peserta mulai diperkenalkan dengan berbagai macam jenis Drone dan anatomi Drone, remot kontrol dengan berbagai fungsi dan fiturnya. Pengenalan dimulai dari menyalakan dan mematikan Drone, preflight dan flight checking, auto take off dan landing Drone, pembuatan jalur terbang, dll. Peserta juga, melakukan praktek lapangan menerbangkan Drone sekaligus survey untuk mendapatkan data langsung dari Drone (survey mapping). Data dari Drone ini, nantinya menjadi basis data dalam pembuatan peta digital.

Hasil survey mapping dengan Drone di atas, selanjutnya dipindahkan ke komputer/laptop untuk kemudian diproses. Dengan menggunakan software ArcGIS diolah sehingga menghasilkan sebuah peta digital yang komprehensif dan mudah dipahami. Harapannya selesai mengikuti Diklat Pembuatan Peta Digital Berbasis Drone, peserta mampu menerbangkan Drone dengan aman dan membuat peta digital profesional. (Ocd)

Leave a Reply