IAIN Samarinda Pelatihan TI di Focus Techno Media Yogyakarta

pelatihan Governance with Cobit 5

Yogyakarta – IAIN Samarinda, Kaltim menugaskan 4 orang staf dan pegawai di bagian Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (TIPD) untuk mengikuti pelatihan bidang TI di Focus Techno Media Yogyakarta. Ke 4 orang staf dan pegawai tersebut  mengikuti pelatihan Governance with Cobit 5 , DBMS Fundamental with Oracle dan SPSS . Rombongan dipimpin langsung oleh Kepala TIPD IAIN Samarinda, Bapak Sugiyono, M.Kom.

Pelatihan dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan wawasan  peserta dalam bidang tugas yang dilakukan sehari-hari sesuai dengan tupoksi peserta. Pelatihan dilaksanakan selama 3 hari full day dari tanggal 5-7 November 2018 dengan mengambil tempat di gedung Grha Focus Techno Media Yogyakarta.

Materi terkait pelatihan Governance with Cobit 5 disampaikan oleh Putri Prasetyaningrum, S.T., M.T.  Mbak Putri ini adlah praktisi sekaligus dosen salah satu perguruan tinggi terkenal di Yogyakarta. Materi tentang DBMS Fundamental with Oracle 11g disampaikan oleh Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng. praktisi dan juga dosen. Sedangkan materi SPSS disampaikan oleh Hario Broto, S.Kom. praktisi dan instruktur tetap di Technophoria Yogyakarta.

Metode pelatihan yang digunakan adalah teori 30% dalam bentuk presentasi di dalam kelas dan praktek 70% dalam format diskusi, studi kasus dan problem solving. Pelatihan diikuti dengan antusias karena langsung pada permasalahan yang dihadapi.  Diakhir pelatihan dilaksanakan evaluasi untuk masing-masing peserta, dengan harapan menjadi wahana bagi perbaikan ke depannya. (Rcd)

Leave a Reply