Pelatihan Geographic Information System Bappeda Litbang Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Selatan

pelatihan Geographic Information System

Sleman – Dua orang SDM di lingkungan Bappeda Litbang Pemkab OKU Selatan mengikuti pelatihan Geographic Information System (GIS) atau Sistem Informasi Geografis (SIG) di Technophoria Yogyakarta. Pelatihan dilaksanakan dari tanggal 14 November s.d. 16 November 2018, bertempat di gedung Grha Technophoria Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Yogyakarta.

Selama tiga hari pelatihan Geographic Information System, peserta dari Bappeda Litbang OKU Selatan belajar tentang cara membuat peta digital berbasis SIG dengan menggunakan aplikasi ArcGIS. Peserta belajar tentang konsep Sistem Informasi Geografis (SIG), ArcMap, ArcCatalog, Retifikasi, Membuat Data Spasial, Mengedit Data Vektor, Menampilkan Data Spasial, Query Data, Layout dan Pencetakan Data, serta Mengenal Sumber Data dalam ArcGIS.

Peserta juga, belajar dan praktek cara mendapatkan data SIG menggunakan perangkat GPS (Global Positioning System). Pertama-tama peserta belajar cara mengoperasikan perangkat GPS, setelah itu peserta praktek lapangan untuk mendapatkan data dengan bantuan GPS. Data yang diperoleh di lapangan dengan menggunakan GPS, selanjutnya diolah/diproses dengan aplikasi ArcGIS. Untuk selanjutnya hasil akhir dari proses pengolahan data tersebut adalah berupa peta digital yang komprehensif, mudah dibaca dan dipahami oleh orang awam.

Harapannya, selesai mengikuti pelatihan peserta dari Bappeda Litbang Kab. OKU Selatan lebih memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang proses pembuatan peta digital. Peta digital tentunya dengan data berbasis GPS dan mampu mengolah data dari GPS dengan aplikasi  ArcGIS. Tahap berikutnya adalah, peserta mampu dan sanggup membuat peta digital profesional yang komunikatif dan informatif yang mudah dibaca dan dipahami. (Ocd)

Leave a Reply