Pelatihan Geographic Information System (GIS) Poltek Negeri Kupang

pelatihan Geographic Information System (GIS)

Yogyakarta – Politeknik (Poltek) Negeri Kupang mengirimkan SDM ke FTM Yogyakarta dalam rangka mengikuti pelatihan Geographic Information System (GIS). Pelatihan dilaksanakan selama tiga dari tanggal 1 November s.d 3 November 2018, bertempat di gedung Grha Focus Jl. Perumnas No. 83 Seturan, Catur Tunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta.

Pelatihan Geographic Information System (GIS) bagi pegawai di lingkungan Poltek Negeri Kupang, NTT bertujuan untuk meningkatkan dan menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam bidang pembuatan peta digital berbasis ArcGIS. Dalam pelatihan ini, peserta belajar cara membuat peta digital yang informatif dan komunikatif dengan akuarasi yang tinggi dengan bantuan aplikasi GIS, ArcGIS.

Peserta juga belajar cara mendapatkan data spasial secara khusus dengan menggunkan teknologi Global Positioning System (GPS). Data yang diperoleh dari penggunaan GPS. Kemudian data dipindah ke komputer untuk kemudian diolah menggunakan aplikasi GIS. Aplikasi yang digunakan adalah program ArcGIS sehingga didapatkan peta digital dengan akurasi yang tinggi, informatif dan kominikatif. Peta digital yang mudah dibaca oleh banyak kalangan bahkan oleh orang yang sama sekali awan dengan masalah perpetakan (maps).

Diharapkan selesai mengikuti pelatihan GIS ini peserta, dalam hal ini pegawai di lingkungan Poltek Negeri Kupang, NTT dapat lebih mengerti dan memahami tentang proses pembuatan peta digital mulai dari pengambilan data, mengolah data dengan aplikasi GIS sampai dihasilkan peta digital dengan kualitas profesional. Lebih lanjut, peserta dapat dan mampu membuat peta digital dengan kualitas yang baik dan akurasi yang tinggi. (Rcd)

Leave a Reply