Wisata Karst Tubing UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta

Wisata Karst Tubing

Bantul – Sebanyak 15 orang staf dan pegawai di lingkungan UPT Perpustakaan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta mengikuti kegiatan penyegaran (refreshing) wisata Karst Tubing. Karst Tubing adalah wisata menyelusuri Sungai Konteng dengan menggunakan ban sejauh 1 kilometer. Wisata ini dinamai Karst Tubing karena batuan di sepanjang sungai yang dilewati batuannya jenis karst.

Kegiatan yang menyenangkan ini dilaksanakan pada tanggal 10 November 2018 bekerjasama dengan Technophoria Yogyakarta. Berangkat dari Kantor UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta di Jl. Padjajaran (Ring Road) jam 08.00 WIB menuju lokasi  yang terletak di Jl. Wates km 9,5 Dusun Surobayan, Argomulyo, Sedayu, Bantul, Yogyakarta.

Setiba di lokasi tujuan rombongan dipersilakan oleh team dari pengelola wisata  untuk beristirahat sejenak dan mempersiapkan diri dengan berganti pakaian untuk berbasah-basahan. Setiap orang diberi kelengkapan keamanan selama menyusuri sungai. Saat menyusuri sungai harus memakai peralatan safety seperti helm, rompi pelampung dan sepatu. Selain itu rombongan juga didampingi oleh dua orang pemandu.

Selama menyelusuri sungai dengan ban, rombongan disuguhkan tiga titik destinasi tertentu. Pada tiap spot atau pemberhentian rombongan dijelaskan tentang kondisi sungai. Selain itu, juga diisi permainan membentuk lingkaran, kereta-keretaan dan melompat dari tebing setinggi dua meter pada kedalaman air kurang lebih tiga meter. Selesai bergemberia ria, rombongan disediakan makan siang bersama di Restoran Ingkung & Pepes Mbah Geol, Semampir, Argorejo, Sedayu, Bantul. (Rcd)

Leave a Reply